Mafruhan, Mafruhan (2024) PERAN PENDIDIK DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA PESERTA DIDIK DI SDN 4 MADE (DITINJAU DARI DIMENSI BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA DAN BERAKHLAK MULIA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (234kB) |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (228kB) |
|
|
Text
Halaman Judul.pdf Download (652kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (126kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (203kB) |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (135kB) |
|
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (108kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstraksi
Era globalisasi yang semakin pesat sedikit banyak mempengaruhi tatanan kehidupan manusia, bahkan disadari atau tidak telah menggerus nilai moral peserta didik, penurunan dan kemerosotan nilai moral pada peserta didik di sekolah dasar semakin hari kian semakin mengkhawatirkan. Jika dibiarkan akan mengakibatkan kepribadian peserta didik menjadi buruk tidak hanya di lingkungan sekolah, tetapi juga di lingkungan sekitarnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka perlu ditanamkan nilai moral dan pendidikan karakter di sekolah dasar, salah satunya menanamkan nilai moral pada diri peserta didik. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui peran pendidik dalam menanamkan nilai moral pada peserta didik di SDN 4 Made yang ditinjau dari dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Jenis penelitian ini yakni penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Made Lamongan. Subjek dalam penelitian ini yakni pendidik atau guru (guru kelas II dan guru kelas V). Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini memakai teknik analisis data model Miles & Huberman serta memakai teknik triangulasi metode/teknik untuk mengecek keabsahan data yang di dapat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penanaman nilai moral oleh guru kelas II dan guru kelas V yang ditinjau dari dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia pada aspek tolong menolong, saling memaafkan, sopan santun, saling menghormati, tanggung jawab, disiplin dan berbagi di setiap indikatornya sering dilakukan. Dengan penanaman nilai moral tersebut, maka peserta didik akan memiliki kepribadian dan karakter yang baik. Setiap indikator dalam setiap aspeknya juga sudah dilaksanakan oleh pendidik SDN 4 Made khususnya guru kelas II dan V dengan baik dan penuh tanggung jawab.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Peran Pendidik, Nilai Moral, Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia. |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Mafruhan Mafruhan |
| Date Deposited: | 13 Aug 2024 02:47 |
| Last Modified: | 13 Aug 2024 02:47 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4509 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
