ANALISIS PENYEBAB KURANGNYA KEMAMPUAN BERHITUNG PADA MATERI KPK DAN FPB SISWA KELAS V SDN CANDITUNGGAL

Izzah, Zulis Nurul (2024) ANALISIS PENYEBAB KURANGNYA KEMAMPUAN BERHITUNG PADA MATERI KPK DAN FPB SISWA KELAS V SDN CANDITUNGGAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (401kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (322kB)
[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (871kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstraksi

Kemampuan berhitung merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya kemampuan berhitung siswa sekolah dasar adalah kurangnya pemahaman konsep dan penghafalan operasi hitung, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Kemampuan berhitung ini sangat penting untuk membantu siswa dalam mempelajari materi lanjutan seperti Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dalam matematika. Untuk mengatasi hal tersebut, guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kurangnya kemampuan berhitung siswa pada materi KPK dan FPB serta upaya guru dalam mengatasi penyebab tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SDN Canditunggal. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data model Miles and Huberman serta menggunakan kombinasi triangulasi teknik dan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 8 dari 11 siswa memiliki kemampuan berhitung yang kurang pada materi KPK dan FPB. Hal ini disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya pemahaman dasar operasi hitung perkalian dan pembagian serta penguasaan yang kurang baik pada materi KPK dan FPB. Faktor eksternal meliputi kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, penerapan metode pembelajaran yang monoton, ketergantungan pada buku LKS saja, dan kurangnya keterlibatan orang tua di rumah. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi masalah tersebut meliputi penerapan pendekatan berpusat pada siswa, penggunaan media menarik, metode variatif, sumber pembelajaran tambahan, dan peningkatan keterlibatan orang tua. Sesuai dengan penerapan upaya tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa kelas V pada materi KPK dan FPB di SDN Canditunggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung, Materi KPK dan FPB
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Zulis Nurul Izzah
Date Deposited: 12 Aug 2024 07:29
Last Modified: 13 Aug 2024 03:39
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item View Item