AKMILA, SALISATUN (2024) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KLAIM PENDING JKN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD BOJONEGORO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
Surat Pernyataan Orisinalitas - Salisatun Akmila.pdf Download (62kB) |
|
|
Text
Lembar Persetujuan - Salisatun Akmila.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Lembar Pengesahan - Salisatun Akmila.pdf Download (50kB) |
|
|
Text
Halaman Judul - Salisatun Akmila.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
BAB 1 - Salisatun Akmila.pdf Download (33kB) |
|
|
Text
BAB 2 - Salisatun Akmila.pdf Download (612kB) |
|
|
Text
BAB 3 - Salisatun Akmila.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
|
|
Text
BAB 4 - Salisatun Akmila.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
|
|
Text
BAB 5 - Salisatun Akmila.pdf Download (63kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka - Salisatun Akmila.pdf Download (268kB) |
|
|
Text
Lampiran - Salisatun Akmila.pdf Download (2MB) |
Abstraksi
Harapan rumah sakit untuk meminimalkan klaim pending pada pasien JKN rawat jalan berbanding terbalik dengan semakin bertambahnya penundaan pembayaran karena kasus klaim pending rawat jalan. Faktanya, pada tahun 2022 terjadi peningkatan klaim pending pada kasus rawat jalan dengan berbagai alasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor 6M penyebab klaim pending rawat jalan di RSUD Bojonegoro serta mengetahui dampak klaim pending tersebut. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumen, dan observasi kegiatan menggunakan teori 6 unsur sistem manajemen (6M) yang bersumber pada data sekunder. Objek penelitian adalah 1.338 berkas klaim rawat jalan yang di pending BPJS Kesehatan di RSUD Bojonegoro tahun 2022. Subjek penelitian adalah 9 petugas yang terlibat langsung dalam proses pengajuan klaim pasien JKN rawat jalan. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara reduksi data, display/penyajian data, kesimpulan dan analisa data. Hasil penelitian menunjukan faktor penyebab klaim pending JKN pasien rawat jalan di RSUD Bojonegoro disebabkan karena faktor 6M yaitu manusia (man), metode (method), mesin (machine), uang/modal (money), bahan (material), pasar (market). Faktor yang paling dominan menjadi penyebab klaim pending adalah dari unsur metode (method). Dimana belum ada regulasi yang mengatur tentang kunjungan pasien berulang, kredensialing terkait ijin operator penggunaan alat, dan terlambatnya pelaporan ijin penambahan mesin cuci darah yang baru. Secara umum berberdampak pada cash flow rumah sakit dan secara khusus berdampak pada kesejahteraan karyawan. Diharapkan dengan perbaikan mutu klaim JKN rawat jalan mampu menurunkan angka klaim pending.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | klaim pending JKN, rawat jalan, unsur 6M |
| Subjects: | Fakultas Ilmu Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Administrasi Rumah Sakit |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan |
| Depositing User: | Salisatun Akmila |
| Date Deposited: | 29 Oct 2024 06:47 |
| Last Modified: | 29 Oct 2024 06:47 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
