PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS 5 SDN 2 TAMBAKRIGADUNG LAMONGAN

Arisinta, Enrika Triana (2025) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS 5 SDN 2 TAMBAKRIGADUNG LAMONGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Halaman pernyataan orisinalitas_Enrika triana arisinta_2104010132.pdf

Download (483kB)
[img] Text
Lembar persetujuan_Enrika Triana Arisinta_2104010132.pdf

Download (422kB)
[img] Text
Lembar pengesahan_Enrika Triana Arisinta_2104010132.pdf

Download (471kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL_ENRIKA TRIANA ARISINTA_2104010132.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1_ENRIKA TRIANA ARISINTA_2104010132.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB 2_ENRIKA TRIANA ARISINTA_2104010132.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB 3_ENRIKA TRIANA ARSINTA_2104010132.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
BAB 4_ENRIKA TRIANA ARISINTA_2104010132.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
BAB 5_ENRIKA TRIANA ARISINTA_2104010132.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_ENRIKA TRIANA ARISINTA_2104010132.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN_ENRIKA TRIANA ARISINTA_2104010132.pdf

Download (7MB)

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Flipbook berbasis Augmented Reality (AR) sebagai alat bantu dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi siklus air bagi siswa kelas 5 SDN 2 Tambakrigadung, Lamongan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan pemahaman siswa karena media pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Penggunaan media Flipbook berbasis Augmented Reality diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Media dikembangkan dengan bantuan PowerPoint, FlipHTML5, dan Assemblr Edu. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon siswa , dan angket aktivitas guru. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 5 SDN 2 Tambakrigadung Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media Flipbook berbasis Augmented Reality sangat valid digunakan, yang dibuktikan oleh hasil validasi ahli media 93,33% dan validasi ahli desain 93,85 %, dan ahli materi 91,25%, seluruh hasil validasi oleh ahli dikategorikan sangat valid. (2) media Flipbook berbasis Augmented Reality sangat praktis digunakan, yang dibuktikan dengan hasil uji coba terbatas dan uji coba lapangan memperoleh hasil persentase uji coba terbatas 87% dan uji coba lapangan 95,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Flipbook, Augmented Reality, Media Pembelajaran, IPAS.
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: ENRIKA TRIANA ARISINTA
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:09
Last Modified: 19 Sep 2025 07:09
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5714

Actions (login required)

View Item View Item