Potret Sekolah Ramah Anak Sebagai Upaya Mewujudkan Dimensi Kebhinekaan Global Di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pucuk

Fathihah, Elisa Amana (2025) Potret Sekolah Ramah Anak Sebagai Upaya Mewujudkan Dimensi Kebhinekaan Global Di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pucuk. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Elisa Amana Fathihah_2104010104.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan_Elisa Amana Fathihah_2104010104.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_Elisa Amana Fathihah_2104010104.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Halaman Judul_Elisa Amana Fathihah_2104010104.pdf

Download (743kB)
[img] Text
Bab 1_Elisa Amana Fathihah_2104010104.pdf

Download (480kB)
[img] Text
Bab 2_Elisa Amana Fathihah_2104010104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] Text
Bab 3_Elisa Amana Fathihah_2104010104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] Text
Bab 4_Elisa Amana Fathihah_2104010104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] Text
Bab 5_Elisa Amana Fathihah_2104010104.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Elisa Amana Fathihah_2104010104.pdf

Download (368kB)
[img] Text
Lampiran_Elisa Amana Fathihah_2104010104.pdf

Download (3MB)

Abstraksi

Pendidikan ramah anak adalah program kebijakan pendidikan yang menempatkan kebutuhan, hak dan perkembangan anak sebagai prioritas utama dalam setiap proses pembelajaran. Kebhinekaan global merupakan suatu rasa toleransi kepada kemajemukan suku ataupun bahasa dan saling menghargai pada perbedaan. Oleh karena itu, pentingnya sekolah ramah anak dalam mewujudkan kemajemukan di tengah keberagaman. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan potret sekolah ramah anak sebagai upaya mewujudkan dimensi kebhinekaan global di kelas V SD Muhammadiyah 1 Pucuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Pucuk. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V dan siswa kelas V. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data model miles Huberman serta menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu SD Muhammadiyah Pucuk memiliki kriteria sekolah ramah anak. Hal ini ditunjukkan dari kebijakan sekolah, pelaksanaan pembelajaran yang aman dan menyenangkan serta partisipasi anak yang aktif dan memiliki saran prasarana yang menunjang dengan kriteria sangat terpenuhi. Sedangkan dari segi dimensi kebhinekaan global SD Muhammadiyah 1 Pucuk memiliki kriteria sekolah dimensi kebhinekaan global. Hal ini ditunjukkan dari kurikulum yang memuat materi tentang keberagaman, dan juga gurunya mengajari cara toleransi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Ramah Anak, Berkebhinekaan Global
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Elisa Amana Fathihah
Date Deposited: 15 Aug 2025 03:18
Last Modified: 15 Aug 2025 03:18
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5697

Actions (login required)

View Item View Item