Masruroh, Wardah (2025) ANALISIS POLA ASUH GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER KOMUNIKATIF SISWA KELAS V DI MIM 07 WARUKULON. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Wardah Masruroh_2104010131.pdf Download (108kB) |
|
|
Text
Lembar Persetujuan_Wardah Masruroh_2104010131.pdf Download (388kB) |
|
|
Text
Lambar Pengesahan_Wardah Masruroh_2104010131.pdf Download (247kB) |
|
|
Text
Halaman Judul_Wardah Masruroh_2104010131.pdf Download (355kB) |
|
|
Text
Bab 1_Wardah Masruroh_2104010131.pdf Download (150kB) |
|
|
Text
Bab 2-Wardah Masruroh_2104010131.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
|
|
Text
Bab 3_Wardah Masruroh_2104010131.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
|
|
Text
Bab 4 _Wardah Masruroh_2104010131.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
|
|
Text
Bab 5_Wardah Masruroh_2104010131.pdf Download (72kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka_Wardah Masruroh_2104010131.pdf Download (203kB) |
|
|
Text
Lampiran_Wardah Masruroh_2104010131.pdf Download (2MB) |
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pola asuh yang diterapkan guru kelas V di MIM 07 Warukulon dalam membentuk karakter komunikatif siswa. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi siswa dalam hal keberanian berbicara, berdiskusi, dan bekerja sama, yang menunjukkan pentingnya peran guru sebagai pendidik sekaligus pembimbing. Fokus penelitian diarahkan pada bentuk pola asuh guru yang dominan serta dampaknya terhadap perkembangan karakter komunikatif siswa dalam kehidupan sekolah sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kelas V, dan enam siswa. Instrumen penelitian mencakup pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumen pendukung. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis merupakan pola yang paling dominan diterapkan oleh guru kelas V. Pola ini dicirikan dengan pemberian kesempatan siswa untuk berbicara, komunikasi dua arah antara guru dan siswa, serta bimbingan yang mendorong keberanian dan rasa percaya diri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola asuh demokratis mampu membentuk karakter komunikatif siswa secara efektif,ditandai dengan meningkatnya partisipasi siswa dalam kegiatan kelas, kemampuan bekerja sama, dan keterbukaan dalam berkomunikasi.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Guru, Karakter Komunikatif. |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Wardah Masruroh |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:30 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 07:30 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
