Kholifa, Arrum Hajar Ummu (2025) POTRET PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 5 DI MI MUHAMMADIYAH 01 SUKODADI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
![]() |
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Arrum Hajar Ummu Kholifa_2104010127.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan_Arrum Hajar Ummu Kholifa_2104010127.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan_Arrum Hajar Ummu Kholifa_2104010127.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
Halaman Judul_Arrum Hajar Ummu Kholifa_2104010127.pdf Download (769kB) |
![]() |
Text
Bab 1_Arrum Hajar Ummu Kholifa_2104010127.pdf Download (514kB) |
![]() |
Text
Bab 2_Arrum Hajar Ummu Kholifa_2104010127.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
![]() |
Text
Bab 3_Arrum Hajar Ummu Kholifa_2104010127.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
![]() |
Text
Bab 4_Arrum Hajar Ummu Kholifa_2104010127.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) |
![]() |
Text
Bab 5_Arrum Hajar Ummu Kholifa_2104010127.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Arrum Hajar Ummu Kholifa_2104010127.pdf Download (583kB) |
![]() |
Text
Lampiran_Arrum Hajar Ummu Kholifa_2104010127.pdf Download (1MB) |
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan secara mendalam pembelajaran berbasis kearifan lokal yang diterapkan di MI Muhammadiyah 01 Sukodadi, serta mengeksplorasi bentuk pendidikan karakter religius yang dikembangkan di sekolah tersebut. Fokus utama dari penelitian ini adalah menganalisis integrasi nilai-nilai budaya lokal dalam proses pembelajaran dalam membentuk karakter religius siswa kelas 5, sehingga mereka tumbuh sebagai pribadi yang cerdas dan berakhlak sesuai ajaran agama serta budaya lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara guru dan siswa, lembar observasi, serta study dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, dengan uji keabsahan melalui triangulasi sumber,teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter religius siswa dilakukan melalui integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam berbagai aspek kegiatan sekolah. (1) Dalam kegiatan pembelajaran, guru memanfaatkan cerita rakyat sebagai media untuk menanamkan nilai moral dan religius. (2) Pembiasaan harian seperti penggunaan bahasa Jawa krama, senyum, salam, dan sopan santun menjadi rutinitas yang mendukung pembentukan sikap religius dan etika sosial. (3) Kegiatan keagamaan seperti sedekah Jumat dan halal bihalal, serta pelaksanaan Proyek P5 yang berisi bazar makanan tradisional dan pentas seni, memperkuat nilai spiritual dan sosial siswa. (4) Di mata pelajaran seni budaya, aktivitas membatik digunakan sebagai media pengembangan karakter melalui keterampilan berbasis budaya lokal. (5) Pendekatan berbasis kearifan lokal ini terbukti efektif membentuk karakter religius siswa secara kontekstual, alami, dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kearifan Lokal, Karakter Religius, Pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
Depositing User: | Arrum Hajar Ummu Kholifa |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 12:23 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 12:23 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5792 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |