Muwafidah, Zahro Mamluatul (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BANGUN DATAR DI SD MUHAMMADIYAH 1 BABAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS_ZAHRO MAMLUATUL MUWAFIDAH_2104010119.pdf Download (273kB) |
|
|
Text
Lembar Persetujuan_Zahro Mamluatul Muwafidah_2104010119.pdf Download (327kB) |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_ZAHRO MAMLUATUL MUWAFIDAH_2104010119.pdf Download (288kB) |
|
|
Text
Lembar_halaman_zahro_mamluatul_muwafidah_2104010119_1 (1).pdf Download (907kB) |
|
|
Text
BAB 1_ZAHRO MAMLUATUL MUWAFIDAH_2104010119.pdf Download (147kB) |
|
|
Text
BAB 2_ZAHRO MAMLUATUL MUWAFIDAH_2104010119.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
|
|
Text
BAB 3_ZAHRO MAMLUATUL MUWAFIDAH_2104010119.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
|
|
Text
BAB 4_ZAHRO MAMLUATUL MUWAFIDAH_2104010119.pdf Restricted to Repository staff only Download (451kB) |
|
|
Text
BAB 5_ZAHRO MAMLUATUL MUWAFIDAH_2104010119.pdf Download (135kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_ZAHRO MAMLUATUL MUWAFIDAH_2104010119.pdf Download (271kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN_ZAHRO MAMLUATUL MUWAFIDAH_2104010119.pdf Download (2MB) |
Abstraksi
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk kemampuan berpikir kritis siswa, khususnya dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi bangun datar dan belum mampu berpikir kritis secara optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada materi bangun datar di SD Muhammadiyah 1 Babat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 44 siswa, yang dibagi menjadi dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan model PBL dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian yang disusun berdasarkan empat indikator keterampilan berpikir kritis, yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen setelah diterapkannya model PBL. Uji statistik Independent Sample T-Test menunjukkan nilai sig. < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penerapan model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi bangun datar.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Bangun Datar. |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Zahro Mamluatul Muwafidah |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 12:46 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 12:46 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5790 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
