Zahidah, Fudhla (2025) Pengaruh Media Puzzle Interaktif Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDN Tambakrigadung 2 Tikung Lamongan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Fudhla Zahidah_2104010111.pdf Download (129kB) |
|
|
Text
Lembar Persetujuan_Fudhla Zahidah_2104010111.pdf Download (258kB) |
|
|
Text
Lembar Pengesahan_Fudhla Zahidah_2104010111.pdf Download (265kB) |
|
|
Text
Halaman Judul_Fudhla Zahidah_2104010111.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Bab 1_Fudhla Zahidah_2104010111.pdf Download (609kB) |
|
|
Text
Bab 2_Fudhla Zahidah_2104010111.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
|
|
Text
Bab 3_Fudhla Zahidah_2104010111.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
|
|
Text
Bab 4_Fudhla Zahidah_2104010111.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
|
Text
Bab 5_Fudhla Zahidah_2104010111.pdf Download (336kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka_Fudhla Zahidah_2104010111.pdf Download (289kB) |
|
|
Text
Lampiran_Fudhla Zahidah_2104010111.pdf Download (13MB) |
Abstraksi
Penelitian kuantitatif, kuasi-eksperimen ini menyelidiki pengaruh media pembelajaran puzzle interaktif terhadap kemampuan membaca permulaan dengan sampel 52 siswa kelas satu di SDN Tambakrigadung 2. Membaca permulaan adalah kemampuan membaca yang berada pada tahap awal proses membaca, proses merangkai ejaan, atau proses visual. Membaca permulaan merupakan proses menerjemahkan simbol tulisan ke dalam bunyi yang berlaku bagi siswa jenjang kelas rendah. Puzzle merupakan permainan kontruksi melalui kegiatan memasang atau menjodohkan kotak-kotak, atau gambar bangun-bangun tertentu sehingga akhirnya membentuk sebuah pola tertentu. Dilatarbelakangi oleh hambatan membaca yang ada dan media pembelajaran yang tidak efektif. Penelitian ini menggunakan desain kelompok kontrol pretest-posttest dengan Kelas 1A sebagai kelompok kontrol dan Kelas 1B sebagai kelompok eksperimen. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas 1 SDN Tambakrigadung 2 Tikung Lamongan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui adanya pengaruh media puzzle interaktif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Tambakrigadung 2 Tikung Lamongan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui soal lisan. Hasil analisis data melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t menggunakan SPSS menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (Sig. 2-tailed < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan media puzzle interaktif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media puzzle interaktif berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca permulaan siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Puzzle Interaktif, Kemampuan Membaca Permulaan, Membaca |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Fudhla Zahidah |
| Date Deposited: | 18 Aug 2025 21:27 |
| Last Modified: | 18 Aug 2025 21:27 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5759 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
