Pengaruh metode pembelajaran diluar kelas (outdoor study) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN Tambakrigadung 2 Lamongan.

Syafitri, Intan Nur (2025) Pengaruh metode pembelajaran diluar kelas (outdoor study) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN Tambakrigadung 2 Lamongan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
2104010099_Intan Nur Syafitri_ lembar Orisinalitas.pdf

Download (145kB)
[img] Text
2104010099_Intan Nur Syafitri_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2104010099_Intan Nur Syafitri _LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2104010099-intan nur syafitri_Halaman judul.pdf

Download (501kB)
[img] Text
bab 1 Intan Nur Syafitri_2104010099.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Bab 2 Intan Nur Syafitri_2104010099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
Bab 3 Intan Nur Syafitri_2104010099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
Bab 4 Intan Nur Syafitri_2104010099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
Bab 5 Intan Nur Syafitri_2104010099.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Intan Nur Syafitri_2104010099.pdf

Download (337kB)
[img] Text
2104010099_Intan Nur Syafitri_Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Outdoor study terhadap keaktifan belajar siswa kelas 5 pada mata pelajaran IPAS di SDN Tambakrigadung 2 Lamongan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran di kelas, khususnya pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen model pretest-posttest control group. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas 5A sebagai kelas kontrol dan kelas 5B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan lembar observasi. Hasil analisis data melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t menggunakan SPSS menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,003 (Sig. 2-tailed < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode Outdoor study terhadap keaktifan belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Outdoor study berpengaruh positif terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Outdoor study, keaktifan belajar, IPAS
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Intan Nur Syafitri
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:53
Last Modified: 19 Aug 2025 01:53
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5722

Actions (login required)

View Item View Item