PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBASIS DEEP LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN TAMBAKRIGADUNG 2

Lestari, Alfin Rahmah (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBASIS DEEP LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN TAMBAKRIGADUNG 2. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS_ALFIN RAHMAH LESTARI_2104010100.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN_ALFIN RAHMAH LESTARI_2104010100.pdf

Download (109kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN_ALFIN RAHMAH LESTARI_2104010100.pdf

Download (256kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL_ALFIN RAHMAH LESTARI_2104010100.pdf

Download (707kB)
[img] Text
BAB1_ALFIN RAHMAH LESTARI_2104010100.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB2_ALFIN RAHMAH LESTARI_2104010100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB 3_ALFIN RAHMAH LESTARI_2104010100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
BAB 4_ALFIN RAHMAH LESTARI_2104010100.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB 5_ALFIN RAHMAH LESTARI_2104010100.pdf

Download (249kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_ALFIN RAHMAH LESTARI_2104010100.pdf

Download (290kB)
[img] Text
LAMPIRAN_ALFIN RAHMAH LESTARI_2104010100.pdf

Download (3MB)

Abstraksi

Pendekatan pembelajaran senantiasa dikembangkan demi perkembangan pendidikan di indonesia, sama halnya dengan pendekatan deep learning yang sedang di uji coba dan disosialisasikan oleh menteri pendidikan dasar dan menegah, karena benlum adanya sosialisasi yang merata banyak guru yang masih belum mengetahui tentang deep learning. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah salah satu model pembelajaran yang berguna untuk menumbuhkan kemampuan kerjasama, kreatif, dan berpikir kritis dan dapat dipadukan dengan deep learning. Deep learning dirancang agar para siswa mendapatkan pembelajaran yang berkesadaran penuh (mindful), bermakna (meaningful), dan menyenangkan (joyful), sehingga pembelajaran tidak membosankan dan siswa tidak hanya menghafal tapi faham dengan materi yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbasis deep learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN Tambakrigadung 2. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif quasi eksperimen tipe nonequivalent group pretest-posttest control. Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa, yang dibagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes keterampilan berpikir kritis berdasarkan indikator. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Uji hipotesis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji T. Hasil analisis data uji validitas teruji valid dengan r hitung berkisar antara 0,444 – 0,686 dengan r-tabel 0,444. Uji reliabilitas memperoleh 0,656 > 0,05. Daya pembeda 0,236 – 0,536. Uji normalitas kedua kelas di atas 0,05 (0,12 -0,805). Uji homogenitas kedua kelas >0,05 (0,752-0,788). Dan uji T menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD berbasis deep learning berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas V SDN Tambakrigadung 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD, Deep Learning, Berpikir Kritis, Matematika
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Alfin Rahmah Lestari
Date Deposited: 19 Aug 2025 01:58
Last Modified: 19 Aug 2025 01:58
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5719

Actions (login required)

View Item View Item