Hamidah, Melani Zulfa (2025) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN TEMA CINTA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Melani Zulfa Hamidah_2104010121.pdf Download (323kB) |
|
|
Text
Lembar Persetujuan_Melani Zulfa Hamidah_2104010121.pdf Download (183kB) |
|
|
Text
Lembar Pengesahan_Melani Zulfa Hamidah_2104010121.pdf Download (307kB) |
|
|
Text
Halaman Judul_Melani Zulfa Hamidah_2104010121.pdf Download (676kB) |
|
|
Text
Bab 1_Melani Zulfa Hamidah_2104010121.pdf Download (344kB) |
|
|
Text
Bab 2_Melani Zulfa Hamidah_2104010121.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
|
|
Text
Bab 3_Melani Zulfa Hamidah_2104010121.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
|
|
Text
Bab 4_Melani Zulfa Hamidah_2104010121.pdf Restricted to Repository staff only Download (599kB) |
|
|
Text
Bab 5_Melani Zulfa Hamidah_2104010121.pdf Download (312kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka_Melani Zulfa Hamidah_2104010121.pdf Download (314kB) |
|
|
Text
Lampiran_Melani Zulfa Hamidah_2104010121.pdf Download (15MB) |
Abstraksi
Pendidikan berperan penting dalam membentuk kemampuan literasi siswa sejak dini. Namun, keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan oleh hasil studi internasional PISA tahun 2022 yang menunjukkan penurunan skor literasi Indonesia dibandingkan tahun sebelumnya. Masalah ini menjadi perhatian dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam keterampilan membaca pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan validitas, kepraktisan dan keefektifan dalam mengembangkan media pembelajaran berupa komik digital berbasis kearifan lokal dengan tema cinta Indonesia untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang mencakup tahapan Analyze. Design. Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek penelitian adalah siswa. kelas V SDN 2 Tambakrigadung. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket respon siswa, dan tes keterampilan membaca pemahaman. Pengujian keefektifan media dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test serta perhitungan N-Gain Score setelah dilakukan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media komik digital berbasis kearifan lokal sangat valid digunakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi yang memperoleh skor sebesar 3.78, ahli media sebesar 3.83, dan ahli desain sebesar 3.89 (2) Media komik digital berbasis kearifan lokal sangat praktis digunakan berdasarkan hasil angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang memperoleh skor sebesar 3.21 dan 3.61. Hasil aktivitas respon siswa pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 3.50 dan 3.80 (3) Media komik digital berbasis kearifan lokal efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V yang terbukti dari hasil uji T 0.002 < 0.05 dan N-Gain Score sebesar 72.79% mengindikasikan tingkat pencapaian tinggi pada kelas eksperimen dan 46.02% yang mengindikasikan tingkat pencapaian sedang pada kelas kontrol.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Komik digital, Kearifan lokal, Cinta Indonesia, Membaca Pemahaman, ADDIE. |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Melani Zulfa Hamidah |
| Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:24 |
| Last Modified: | 17 Sep 2025 07:24 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
