Muzaki, Moch. (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP- UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas - Moch.Muzaki.pdf Download (94kB) |
|
|
Text
Lembar Persetujuan - Moch.Muzaki.pdf Download (51kB) |
|
|
Text
Lembar Pengesahan - Moch.Muzaki.pdf Download (74kB) |
|
|
Text
Halaman Judul - Moch.Muzaki.pdf Download (355kB) |
|
|
Text
BAB 1 - Moch.Muzaki.pdf Download (86kB) |
|
|
Text
BAB 2 - Moch.Muzaki.pdf Download (146kB) |
|
|
Text
BAB 3 - Moch.Muzaki.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
|
Text
BAB 4 - Moch.Muzaki.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
|
Text
BAB 5 - Moch.Muzaki.pdf Download (64kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka - Moch.Muzaki.pdf Download (63kB) |
|
|
Text
Lampiran - Moch.Muzaki.pdf Download (2MB) |
Abstraksi
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya permasalahan pembelajaran di kelas yang monoton dan penggunaan media pembelajaran seadanya. Hal ini membuat siswa menjadi pasif dan tidak termotivasi saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, pengembangan media pop-up book sangat tepat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) atau biasa dikenal dengan metode penelitian dan pengembangan dan menggunakan model yang dikemukakan oleh (Thiagarajan, 1974) yaitu Four-D (4D). terdapat 4 tahapan pokok dalam penerapan model 4D yaitu define (tahap pendefinisian), design (tahap perancangan), development (tahap pengembangan), dan dissaminate (tahap penyebaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Lamongan yang berjumlah 48 siswa. Data penelitian ini meliputi 3 hal yakni: uji validasi ahli media, ahli desain, ahli materi, dan ahli perangkat. Penelitian dilanjutkan dengan menggunakan angket respon siswa yang diisi oleh siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Lamongan dan angket aktivitas siswa yang diisi oleh pengamat. Setelah itu penelitian dilanjutkan dengan menggunakan angket pretest posttest motivasi belajar siswa yang diisi oleh siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 1 Lamongan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) kelayakan media pembelajaran pop-up book oleh ahli media, ahli desain, ahli perangkat dan ahli materi termasuk dalam kategori “valid, atau layak digunakan tanpa harus melakukan revisi”. (2) Adanya respon siswa dan aktivitas siswa setelah menggunakan media pembelajaran pop-up book hasilnya adalah “tinggi”, atau praktis digunakan pada saat pembelajaran. (3) Keefektifan media pembelajaran pop-up book dari angket pretest posttest motivasi belajar siswa hasilnya adalah efektif dalam peningkatan motivasi belajar siswa. Maka penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Pop- Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar” Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 Sekolah Dasar” dianggap berhasil.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Pop-up Book, Motivasi Belajar Siswa, Research and Development (R&D), Four-D (4D). |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Shandy Rahma R, S.IIP |
| Date Deposited: | 26 Jun 2025 02:51 |
| Last Modified: | 26 Jun 2025 02:51 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
