Octaviani, Emy Masfufah (2024) PENERAPAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PECAHAN KELAS V SD. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (67kB) |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (215kB) |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (442kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (186kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (242kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (56kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstraksi
Perkembangan teknologi saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dalam menghadapi era digital dan globalisasi, pendidikan perlu terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Adanya perkembangan teknologi pendidikan, guru dapat menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran, Akan tetapi masih banyak guru yang kurang mengikuti perkembangan zaman sehingga masih menggunakan metode pembelajaran ceramah, sehingga mengakibatkan siswa cenderung bosan dan tidak memperhatikan guru pada saat proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media video interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menerapkan media video interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh kelas V A SDN 4 Made. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu test (pretest dan posttest), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Observasi aktifitas guru pada siklus I mendapatkan rata-rata 54,16% dan siklus ke II sebesar 88,54%. Dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 34,8%. (2) Observasi aktifitas siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata 48% dan siklus ke II 84%. Dari siklus I dan siklus II mengalamai peningkatan sebesar 36%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata 48% dan siklus II 84%. Dari siklus I dan siklus II hasil belajar siswa mengalamai peningkatan 36%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video interaktif dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi pecahan kelas V SDN 4 Made.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Video interaktif, Hasil belajar siswa |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Emy Masfufah Octaviani |
| Date Deposited: | 14 Aug 2024 02:43 |
| Last Modified: | 14 Aug 2024 02:43 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
