ANALISIS CONSTRUCTIVISM APPROACH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (STUDI PADA SD MUHAMMADIYAH 1 BABAT)

FILLAH, BINTA ZAAHIRAH (2024) ANALISIS CONSTRUCTIVISM APPROACH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (STUDI PADA SD MUHAMMADIYAH 1 BABAT). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (68kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstraksi

SD Muhammadiyah 1 Babat telah menerapkan constructivism approach dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Penerapan constructivism approach bertujuan untuk menstimulus peserta didik dapat belajar dengan aktif, kreatif, mandiri, dan mampu bernalar kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan constructivism approach dalam implementasi kurikulum merdeka (studi pada SD Muhammadiyah 1 Babat). Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian dengan menggunakan sumber data primer yaitu guru kelas dan peserta didik kelas V. Beberapa teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi proses pembelajaran, wawancara guru kelas dan peserta didik kelas V, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Peneliti menggunakan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian berdasarkan analisis yaitu: 1) Pertama, SD Muhammadiyah 1 Babat telah menerapkan constructivism approach dalam implementasi kurikulum merdeka; 2) Kedua, terdapat kendala dalam penerapan constructivism approach dalam implementasi kurikulum merdeka yaitu kendala waktu yang tidak sesuai dengan realita di lapangan dan rasa percaya diri peserta didik yang kurang dalam menyampaikan pendapat atau argumentasi; 3) Ketiga, hal yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi kendala tersebut yaitu peserta didik dibiasakan dengan pembelajaran yang menekankan untuk aktif, kreatif, menggunakan penalaran kritis, dan mandiri; 4) Keempat, faktor pendukung penerapan constructivism approach yaitu peserta didik aktif dalam mengikuti pembelajaran, dapat berinteraksi sosial dengan guru maupun sesama teman, dan dapat berpikir kreatif dalam menyampaikan pendapat; 5) Kelima, faktor penghambat penerapan constructivism approach yaitu beberapa peserta didik masih kurang percaya diri dalam meyampaikan pendapatnya, belum terbiasa belajar secara mandiri, dan belum sepenuhnya dapat menyimpulkan pembelajaran sesuai pemahamannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Constructivism Approach, Kurikulum Merdeka
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Binta Zaahirah Fillah
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:08
Last Modified: 14 Aug 2024 02:08
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4525

Actions (login required)

View Item View Item