ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DIMENSI KREATIF PADA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN SISWA SEKOLAH DASAR

Fianita, Shera (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DIMENSI KREATIF PADA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstraksi

SDN 2 Pengangsalan telah menerapkan kurikulum merdeka sejak tahun 2023. Terdapat permasalahan pendidikan karakter dimensi kreatif tema gaya hidup berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dimensi kreatif pada tema gaya hidup berkelanjutan siswa kelas IV SDN 2 Pengangsalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN 2 Pengangsalan. Menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini bahwa: 1) Pendidikan karakter dimensi kreatif tema gaya hidup berkelanjutan siswa kelas IV SDN 2 Pengangsalan tergolong kurang terlihat. Hal ini ditinjau berdasarkan indikator dimensi kreatif yang meliputi: siswa kurang mampu menghasilkan ide baru, siswa kurang mampu menghasilkan karya, dan siswa kurang mampu mencari alternatif solusi atau membandingkan ide-ide dengan teman-temannya 2) Terdapat tiga faktor pendukung yaitu siswa mudah memahami materi karena berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari, guru menggunakan media pembelajaran saat menjelaskan materi, dan guru mendesain pembelajaran yang melibatkan karakter dimensi kreatif di berbagai mata pelajaran contohnya di mata pelajaran SBDP dan IPAS 3) Terdapat tiga faktor penghambat yaitu siswa belum diberikan materi namun lebih dulu menyampaikan ketidakmampuan dalam mengikuti pembelajaran terutama saat pembelajaran berbasis projek, siswa kurang tertarik pada pembelajaran terutama pada pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) jadi guru perlu memotivasi siswa, dan siswa juga mengalami kesulitan memahami penjelasan materi dari guru, karena siswa tidak terbiasa menggunakan bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Shera Fianita
Date Deposited: 14 Aug 2024 02:07
Last Modified: 14 Aug 2024 02:07
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4524

Actions (login required)

View Item View Item