PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Putri, Vivi Yusnita (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstraksi

Di era modern ini, teknologi berkembang di berbagai bidang termasuk pada jenjang pendidikan dasar. E-modul merupakan sumber informasi yang disajikan secara elektronik dalam format buku yang dapat dibaca menggunakan komputer atau alat pembaca buku elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan e-modul berbasis flipbook untuk meningkatkan minat baca siswa kelas IV di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Pada tahap analisis, dilakukan identifikasi permasalahan dan kebutuhan lapangan. Pada tahap desain, dirancang media e-modul. Pada tahap pengembangan, media tersebut dibuat dan divalidasi oleh ahli. Pada tahap implementasi, media diuji coba pada kelompok kecil. Pada tahap evaluasi, diukur melalui tes dan angket. Desain penelitian menggunakan one-group pre-post test design dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 4 Made Lamongan. Dalam desain ini, siswa kelas IV SD Negeri 4 Made Lamongan di buat menjadi satu kelompok eksperimen untuk mengukur efektivitas sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) e-modul berbasis flipbook sangat valid digunakan yang terbukti pada hasil validitas yang telah dilakukan oleh ahli materi, desain dan media dengan perolehan skor 3.82, 3.83, 3.66 dengan kategori sangat layak. (2) e-modul berbasis flipbook sangat praktis digunakan terbukti dengan hasil angket respon siswa pada uji coba terbatas dan lapangan dengan perolehan 4.23 dan 4.27 dan hasil aktivitas siswa 67% dan 90.5% yang menunjukkan terdapat peningkatan pada uji coba terbatas dan lapangan. (3) e- modul berbasis flipbook efektif dalam meningkatkan minat baca siswa yang terbukti dengan hasil uji T 0.000 < 0.05 pada kelas eksperiemen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Flipbook, Minat baca.
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Vivi Yusnita Putri
Date Deposited: 13 Aug 2024 03:46
Last Modified: 13 Aug 2024 03:46
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4513

Actions (login required)

View Item View Item