Ayunda, Salma Dyah (2024) ANALISIS STRATEGI EKSPOSITORI DALAM PEMBELAJARAN SBDP PADA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 1 KESAMBI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
![]() |
Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
Halaman Judul.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstraksi
Dalam proses pembelajaran SBdP guru menggunakan strategi ekspositori. Akan tetapi strategi ekspositori yang dilakukan kurang maksimal. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis strategi ekspositori yang guru lakukan dalam pembelajaran SBdP kelas VI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif yang dilakukan di MI Muhammadiyah 1 Kesambi. Data yang diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan dengan menggunakan triangulasi teknik, waktu dan sumber. Peneliti mengambil sampel 5 siswa dan 1 guru untuk diwawancarai. Berdasarkan hasil analisa bahwa strategi ekspositori selalu diterapkan di kelas VI, akan tetapi guru kurang memahami strategi ekspositori sehingga pembelajaran yang dilakukan kurang maksimal. Selain itu, guru SBdP hanya memahami SBdP dalam aspek seni rupa dikarenakan guru SBdP merupakan guru kelas yang baru mengajar SBdP kurang lebih dua tahun sehingga guru dan siswa bersama-sama mempelajari mengenai SBdP. Faktor yang mendukung strategi ekspositori yaitu dapat mengetahui kemampuan pemahaman siswa kelas VI, strategi ekspositori dapat menjangkau jumlah siswa yang banyak, dan strategi ekspositori sangat efektif. Faktor penghambat strategi ekspositori adalah pemahaman guru mengenai strategi ekspositori kurang, siswa merasa bosan, kurangnya komunikasi antara guru dan siswa, dan strategi ekspositori tidak dapat mengetahui karakter siswa. Dapat disimpulkan bahwa strategi ekspositori tepat diterapkan di kelas VI. Dengan penerapan strategi ekspositori yang telah dilakukan oleh guru pada pembelajaran SBdP dapat menumbuhkan pemahaman, keaktifan, kreatifitas dan rasa antusias siswa terhadap pembelajaran SBdP. Disamping itu, guru perlu meningkatkan kualitas pembelajaran SBdP dengan lebih memahami mengenai strategi ekspositori dan aspek SBdP yang lainnya agar pembelajaran yang dilakukan dapat terlaksana secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi ekspositori, Pembelajaran SBdP |
Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
Depositing User: | Mahasiswa Salma Dyah Ayunda |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 02:47 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 02:47 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4510 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |