Anwar, Novia Wafiq Ajija (2025) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KAHOOT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENGUKURAN SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 1 BABAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Novia Wafiq Ajija Anwar_2104010137.pdf Download (145kB) |
|
|
Text
Lembar Persetujuan_Novia Wafiq Ajija Anwar_2104010137.pdf Download (104kB) |
|
|
Text
Lembar Pengesahan_Novia Wafiq Ajija Anwar_2104010137.pdf Download (117kB) |
|
|
Text
Halaman Judul_Novia Wafiq Ajija Anwar_2104010137.pdf Download (528kB) |
|
|
Text
Bab I_Novia Wafiq Ajija Anwar_2104010137.pdf Download (294kB) |
|
|
Text
BAB II_Novia Wafiq Ajija Anwar_2104010137.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
|
|
Text
BAB III_Novia Wafiq Ajija Anwar_2104010137.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
|
|
Text
BAB IV_Novia Wafiq Ajija Anwar_2104010137.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
|
|
Text
BAB V_Novia Wafiq Ajija Anwar_2104010137.pdf Download (55kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka_Novia Wafiq Ajija Anwar_2104010137.pdf Download (123kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN_Novia Wafiq Ajija Anwar_2104010137.pdf Download (5MB) |
Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Muhammadiyah 1 Babat pada materi pengukuran melalui penerapan media pembelajaran berbasis Kahoot. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan Kahoot sebagai media pembelajaran interaktif, mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa, serta mengevaluasi peningkatan capaian hasil belajar siswa setelah penggunaan media tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Perencanaan mencakup penyusunan RPP, pembuatan soal evaluasi berbasis Kahoot, serta persiapan perangkat pembelajaran. Pelaksanaan tindakan dilakukan dengan mengintegrasikan Kahoot dalam proses pembelajaran secara langsung di kelas. Pengamatan dilakukan terhadap aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, sedangkan refleksi dilakukan untuk menilai keberhasilan tindakan pada setiap siklus dan menentukan langkah perbaikan pada siklus berikutnya. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas III SD Muhammadiyah 1 Babat. Data diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 55,83% pada siklus I menjadi 71,66% pada siklus II, dengan kenaikan sebesar 15,83%. Aktivitas guru juga meningkat dari 55,83% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II, dengan kenaikan sebesar 24,17%. Rata-rata hasil tes belajar siswa meningkat dari 58,84% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II, dengan kenaikan sebesar 29,17%. Penerapan media pembelajaran berbasis Kahoot terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengukuran kelas III SD.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar siswa, Media Pembelajaran, Kahoot. Matematika |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Novia Wafiq Ajija Anwar |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:56 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 07:56 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5803 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
