PENERAPAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEBHINEKAAN GLOBAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR

Sa’diyah, Halimatus (2025) PENERAPAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEBHINEKAAN GLOBAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS_HALIMATUS .pdf

Download (514kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN_HALIMATUS SA’DIYAH_2.pdf

Download (280kB)
[img] Text
SURAT PENGESAHAN_HALIMATUS SA’DIYAH_2104010115.pdf

Download (176kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL_HALIMATUS SA'DIYAH_2104010115 .pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB 1_ HALIMATUS SA'DIYAH_2104010115.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB 2_HALIMATUS SA'DIYAH_2104010115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB 3_HALIMATUS SA'DIYAH_2104010115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
BAB 4_HALIMATUS SA'DIYAH_2104010115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB 5_HALIMATUS SA'DIYAH_2104010115.pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAPUS_HALIMATUS SA'DIYAH_2104010115.pdf

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN_HALIMATUS SA'DIYAH.pdf

Download (45MB)

Abstraksi

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta kurangnya metode inovatif yang memfasilitasi eksplorasi ide dan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 9 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes (pretest dan posttest), serta studi dokumentasi. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui aktivitas guru dalam penerapan metode mind mapping kelas V pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi keragaman budaya. 2) Mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan metode mind mapping kelas V pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi keragaman budaya 3) Mengetahui peningkatan pemahaman kebhinekaan global siswa kelas V dalam pembelajaran pendidikan pancasila dengan menggunakan metode mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, serta peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar mencapai 67% dan meningkat pada siklus II hingga mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian, penerapan metode mind mapping dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran dalam memperkuat nilai-nilai kebhinekaan global

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Pemahaman Kebhinekaan Global, Pendidikan Pancasila.
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Halimatus Sa'diyah
Date Deposited: 18 Aug 2025 16:00
Last Modified: 18 Aug 2025 16:00
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5763

Actions (login required)

View Item View Item