Sa’diyah, Halimatus (2025) PENERAPAN METODE MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEBHINEKAAN GLOBAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
![]() |
Text
SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS_HALIMATUS .pdf Download (514kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN_HALIMATUS SA’DIYAH_2.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
SURAT PENGESAHAN_HALIMATUS SA’DIYAH_2104010115.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL_HALIMATUS SA'DIYAH_2104010115 .pdf Download (885kB) |
![]() |
Text
BAB 1_ HALIMATUS SA'DIYAH_2104010115.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB 2_HALIMATUS SA'DIYAH_2104010115.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB 3_HALIMATUS SA'DIYAH_2104010115.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
![]() |
Text
BAB 4_HALIMATUS SA'DIYAH_2104010115.pdf Restricted to Repository staff only Download (727kB) |
![]() |
Text
BAB 5_HALIMATUS SA'DIYAH_2104010115.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
DAPUS_HALIMATUS SA'DIYAH_2104010115.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_HALIMATUS SA'DIYAH.pdf Download (45MB) |
Abstraksi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta kurangnya metode inovatif yang memfasilitasi eksplorasi ide dan kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 9 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes (pretest dan posttest), serta studi dokumentasi. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui aktivitas guru dalam penerapan metode mind mapping kelas V pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi keragaman budaya. 2) Mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan metode mind mapping kelas V pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi keragaman budaya 3) Mengetahui peningkatan pemahaman kebhinekaan global siswa kelas V dalam pembelajaran pendidikan pancasila dengan menggunakan metode mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, serta peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan belajar mencapai 67% dan meningkat pada siklus II hingga mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian, penerapan metode mind mapping dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran dalam memperkuat nilai-nilai kebhinekaan global
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Pemahaman Kebhinekaan Global, Pendidikan Pancasila. |
Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Halimatus Sa'diyah |
Date Deposited: | 18 Aug 2025 16:00 |
Last Modified: | 18 Aug 2025 16:00 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |