Pengaruh Edukasi Media Film Pendek Terhadap Pengetahuan Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Pada Siswa SMP Di Kabupaten Lamongan

Sa'adah, Nurul Hidaya Nur (2025) Pengaruh Edukasi Media Film Pendek Terhadap Pengetahuan Tentang Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Pada Siswa SMP Di Kabupaten Lamongan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN_Nurul Hidaya Nur Sa'adah_2102013234.pdf

Download (586kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN_Nurul Hidaya Nur Sa'adah_2102013234.pdf

Download (551kB)
[img] Text
LRMBAR PENGESAHAN_Nurul Hidaya Nur Sa'adah_2102013234.pdf

Download (811kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL_Nurul Hidaya Nur Sa'adah_2102013234.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB 1_Nurul Hidaya Nur Sa'adah_2102013234.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB 2_Nurul Hidaya Nur Sa'adah_2102013234.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB 3_Nurul Hidaya Nur Sa'adah_2102013234.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
BAB 4_Nurul Hidaya Nur Sa'adah_2102013234.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB 5_Nurul Hidaya Nur Sa'adah_2102013234.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Nurul Hidaya Nur Sa'adah_2102013234.pdf

Download (255kB)
[img] Text
LAMPIRAN_Nurul Hidaya Nur Sa'adah_2102013234.pdf

Download (3MB)

Abstraksi

Anak remaja merupakan salah satu kelompok yang paling rentan berisiko terkena dampak bencana, kurangnya pengetahuan kesiapsiagaan membuat siswa tidak mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan yang harus dihindari pada saat bencana datang, sehingga perlu diberikan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesiapsiagaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi media film pendek terhadap pengetahuan kesiapsiagaan bencana gempa bumi pada siswa. Desain penelitian menggunakan Quasy eksperimental with control group pada total 82 siswa SMP (41 siswa kelompok perlakuan dan 41 siswa kelompok kontrol) yang direkrut menggunakan teknik simple random sampling, di SMP Muhammadiyah 14 Paciran pada 27 Februari 2025. Kelompok perlakuan diberikan film pendek, sedangkan kelompok kontrol diberikan pembelajaran konvensional ceramah tanpa media. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner pengetahuan kesiapsiagaan gempa bumi dan dianalisis mengggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney, dengan α ≤ 0.05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh edukasi media film pendek terhadap pengetahuan pada kelompok perlakuan (p=0.000) dengan peningkatan mean sebesar 24.76. Terdapat pengaruh edukasi media pembelajaran konvensiaonal terhadap tingkat pengetahuan pada kelompok kontrol (p=0.000) dengan peningkatan mean sebesar 7.19. Terdapat perbedaan pengetahuan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol sesudah diberikan edukasi (p=0.000). Penggunaan film pendek sebagai media edukasi lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Film pendek berisi efek gambar yang bergerak dan efek suara dapat memudahkan audiens memahami isi berita sehingga dapat menambah pengetahuan dibandingkan hanya dengan mendengarkan saja tanpa menggunakan media alat bantu. Diharapkan media film pendek dapat digunakan rutin pada siswa dan dapat dijadikan referensi sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Edukasi, Film pendek, Gempa Bumi, Kesiapasiagaan, Pengetahuan
Subjects: Fakultas Ilmu Kesehatan
Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Nurul Hidaya Nur Sa'adah
Date Deposited: 10 Jun 2025 04:27
Last Modified: 10 Jun 2025 04:27
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5134

Actions (login required)

View Item View Item