PENGARUH PELAYANAN KUALITAS DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN DI MINIMARKET ARINA MART PAYAMAN SOLOKURO

Noer Rafikah, Zulyanti and Ninik, Mas`adah and Amalia Valentina, Azhar (2024) PENGARUH PELAYANAN KUALITAS DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN DI MINIMARKET ARINA MART PAYAMAN SOLOKURO. [Experiment]

[img] Text
29 Pengaruh pelayanan kualitas dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada pelanggan di minimarket Arina Mart Payaman Solokuro.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://repository.umla.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstraksi

RINGKASAN Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin modern ini menyebabkan banyaknya persaingan di dunia bisnis, termasuk bisnis ritel.Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pasar modern yang bermunculan dengan berbagai macam bentuk dan ukuran, sehingga keberadaan pasar tradisional mulai tergeser. Penjualan eceran adalah meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang dan jasa pada konsumen akhir untuk dipergunakan yang sifatnya pribadi dan bukan bisnis (Saladin,2006). Untuk dapat berhasil dalam bisnis ritel, maka pebisnis ritel harus dapat menawarkan produk yang tepat dengan harga, dan pelayanan yang tepat. Perusahaan harus dapat memberikan kepada pelanggan barang atau jasa yang memiliki pelayanan yang lebih baik, harga lebih murah, fasilitas yang memadai dan nilai lebih tinggi dengan mutu yang lebih baik dari pesaingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada pelanggan minimarket Arina Mart Payaman, (2) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada pelanggan minimarket Arina Mart Payaman, (3) pengaruh kualitas pelayanan, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian pada pelanggan minimarket Arina Mart Payaman. Penelitian ini pendekatan kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di minimarket Arina Mart Payaman. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: F hitung (417,097) > F tabel (3,09), atau bisa dilihat dengan nilai signifikan yakni 0,000 < 0,05. maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh secara bersamaan terhadap keputusan pembelian. kefesien determinasi (RSquare) sebesar 0,896. Artinya adalah bahwa sumbangan pengaruh variabel independent terhadap variabel dependen adalah sebesar 89,6%. Sedangkan sisanya yakni10,4% dipengaruhi oleh variable lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hal ini berarti semakin baik kualitas pelanggan dan persepsi harga, maka semakin tinggi pula pembelian.

Item Type: Experiment
Subjects: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Universitas Muhammadiyah Lamongan > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Divisions: Universitas Muhammadiyah Lamongan > Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Admin 1 umla
Date Deposited: 03 Jul 2024 02:08
Last Modified: 03 Jul 2024 02:08
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4428

Actions (login required)

View Item View Item