PENGARUH TERAPI SENSORI-INTEGRASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN TAKTIL PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB EMPAT LIMA BABAT

Rahayu, Titin Sri (2022) PENGARUH TERAPI SENSORI-INTEGRASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN TAKTIL PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB EMPAT LIMA BABAT. Jurnal Surya, 1 (2). pp. 1-7. ISSN 1979-9128

[img] Text
jurnal titin sri rahayu.pdf

Download (386kB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/cgi/users/home?screen...

Abstraksi

ABSTRAK Pendahuluan: Perkembangan taktil pada anak tunagrahita menurun dikarenakan kurangnya stimulasi yang didapatkan anak untuk mengenal benda-benda yang memiliki tekstur berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh terapi sensori-integrasi untuk meningkatkan kemampuan taktil pada anak tunagrahita di SLB Empat Lima Babat. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan one grup pre test-post test design. Populasi sebanyak 33 siswa, menggunakan teknik total sampling dikarenakan populasi kurang dari 50 orang. Data diambil melalui wawancara dan lembar observasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberi perlakuan terdapat 17 (51,5%) siswa yang mengalami kemampuan taktil yang rendah. Setelah diberi perlakuan didapatkan hasil 25 (75,8%) siswa yang kemampuan taktilnya meningkat. Berdasarkan hasil diatas dengan nilai signifikasi p sign = 0,000 dan nilai Z= -5,028. Artinya terjadi peningkatan kemampuan taktil setelah diberikan perlakuan, sehingga ada pengaruh terapi sensori-integrasi terhadap peningkatan kemampuan taktil pada anak tunagrahita di SLB Empat Lima Babat. Kata Kunci: Anak Tunagrahita, Kemampuan Taktil, Terapi Sensori-Integrasi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak Tunagrahita, Kemampuan Taktil, Terapi Sensori-Integrasi
Subjects: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:29
Last Modified: 28 Sep 2022 07:29
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/2188

Actions (login required)

View Item View Item