Rahayu, Titin Sri (2022) PENGARUH TERAPI SENSORI-INTEGRASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN TAKTIL PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB EMPAT LIMA BABAT. Jurnal Surya, 1 (2). pp. 1-7. ISSN 1979-9128
Text
jurnal titin sri rahayu.pdf Download (386kB) |
Abstraksi
ABSTRAK Pendahuluan: Perkembangan taktil pada anak tunagrahita menurun dikarenakan kurangnya stimulasi yang didapatkan anak untuk mengenal benda-benda yang memiliki tekstur berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh terapi sensori-integrasi untuk meningkatkan kemampuan taktil pada anak tunagrahita di SLB Empat Lima Babat. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan one grup pre test-post test design. Populasi sebanyak 33 siswa, menggunakan teknik total sampling dikarenakan populasi kurang dari 50 orang. Data diambil melalui wawancara dan lembar observasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberi perlakuan terdapat 17 (51,5%) siswa yang mengalami kemampuan taktil yang rendah. Setelah diberi perlakuan didapatkan hasil 25 (75,8%) siswa yang kemampuan taktilnya meningkat. Berdasarkan hasil diatas dengan nilai signifikasi p sign = 0,000 dan nilai Z= -5,028. Artinya terjadi peningkatan kemampuan taktil setelah diberikan perlakuan, sehingga ada pengaruh terapi sensori-integrasi terhadap peningkatan kemampuan taktil pada anak tunagrahita di SLB Empat Lima Babat. Kata Kunci: Anak Tunagrahita, Kemampuan Taktil, Terapi Sensori-Integrasi
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Tunagrahita, Kemampuan Taktil, Terapi Sensori-Integrasi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Irwan Sulistyawan |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 07:29 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 07:29 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/2188 |
Actions (login required)
View Item |