Lahiyany, Putri Yusfa Nur PENGARUH TERAPI SUPORTIF TERHADAP EMOSI PADA PASIEN DENGAN GANGGUAN JIWA DI PONDOK PESANTREN DAHRUR ROHMAN SENDANG PACIRAN LAMONGAN. Jurnal Surya, 1 (2). pp. 1-7. ISSN 1979-9128
Text
JURNAL PUTRI YUSFA NL (1802012714) 8C.docx.pdf Download (506kB) |
Abstraksi
ABSTRAK Pendahuluan: Terapi suportif adalah bentuk psikoterapi yang dapat diterapkan secara individu maupun kelompok. melihat kembali cara menjalani hidup, eksplorasi berbagai pilihan yang ada, dan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri terkait hal-hal yang diinginkan di masa depan. . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Pengaruh Terapi Suportif Terhadap Emosi Pada Pasien Dengan Gangguan Jiwa Di Pondok Pesantren Dahrur Rohman Sendang Paciran Lamongan. Metode: Desain penelitian menggunakan Pra-Eksperimen dengan menggunakan pendekatan One group Pre test-Post test design. Populasi seluruh pasien dengan gangguan jiwa di Pondok Pesantren Dahrur Rohman Sendang Paciran Lamongan sebanyak 38 pasien, instrument penelitian ini menggunakan kuisioner, pengumpulan kemudian di lakukan editing, coding, tabulating, scoring dan di analisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian menunjukan sebelum di berikan terapi sebagian besar pasien yang mengalami emosi sebelum di lakukan terapi suportif terdapat (57,9%) Abnormal, dan berikan terapi suportif terdapat (68,4%) Normal Hasil uji Wilcoxon menunjukan bahwa ada pengaruh terapi suportif terhadap penurunan emosi nilai p=0,000 dimana 0<0,5 artinya terdapat pengaruh terapi Suportif pada pasien dengan gangguan jiwa di Pondok Pesantren Dahrur Rohman Sendang Paciran Lamongan. Kata Kunci: Terapi Suportif, Emosi, Gangguan jiwa
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terapi Suportif, Emosi, Gangguan jiwa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Irwan Sulistyawan |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 07:05 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 07:05 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/2181 |
Actions (login required)
View Item |