Wulandari, Fitri (2022) PENGARUH METODE FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENOPAUSE PADA WANITA USIA SUBUR DESA SIMOREJO KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO. Jurnal Surya, 1 (2). pp. 1-7. ISSN 1979-9128
Text
FITRI WULANDARI_JURNAL.pdf Download (179kB) |
Abstraksi
ABSTRAK Menopause merupakan berhentinya abadi menstruasi yang dihasilkan dari hilangnya aktivitas hormonal. Periode menopause menyebabkan hot flashes, nyeri tulang dan sendi, kelelahan, masalah seksual karena vagina kering, depresi dan gangguan tidur. Desain penelitian menggunakan Pra-eksperiment dengan rancangan One-Grup Pre-test Post- test Design. Sampel penelitian sebanyak 30 orang direkrut dengan Random Sampling. Yang dilakukan pada Maret-Juli 2022 di Desa Simorejo. Data diambil menggunakan kuisioner dan dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon dengan menggunakan SPSS. Hasil perhitungan dengan menggunakan Uji Wilcoxon didapatkan nilai signifikan demana p=0,000 artinya p<0,05 dengan nilai z=-4,420 yang berarti terdapat pengaruh metode Focus Group Discussion terhadap tingkat pengetahuan tentang menopause pada wanita usia subur desa Simorejo. Ada pengaruh metode Focus Group Discussion terhadap tingkat pengetahuan tentang menopause pada wanita usia subur desa Simorejo kecamatan Kanor kabupaten Bojonegoro. Kajian diatas menunjukkan bahwa metode Focus Group Discussion yang diberikan pada WUS desa Simorejo kecamatan Kanor kabupaten Bojonegoro, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap WUS, karena dengan menggunakan metode Focus Group Discussion WUS lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Kata kunci : Focus group discussion, Tingkat Pengetahuan, Menopause
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Focus group discussion, Tingkat Pengetahuan, Menopause |
Subjects: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | Irwan Sulistyawan |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 06:19 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 06:19 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/2168 |
Actions (login required)
View Item |