PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAS DENGAN MATERI ENERGI LISTRIK DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI GODOG

Wahyudin, Dimas (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAS DENGAN MATERI ENERGI LISTRIK DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI GODOG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Lembar Pernyataan Orisinalitas_Dimas Wahyudin_2104010084.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan_Dimas Wahyudin_2104010084.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_Dimas Wahyudin_2104010084.pdf

Download (156kB)
[img] Text
Halaman Judul_Dimas Wahyudin_2104010084.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Bab 1_Dimas Wahyudin_2104010084.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Bab 2_Dimas Wahyudin_2104010084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
Bab 3 _Dimas Wahyudin_2104010084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
Bab 4_Dimas Wahyudin_2104010084.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
Bab 5 Dimas Wahyudin_2104010084.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Dimas Wahyudin_2104010084.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Lampiran_Dimas Wahyudin_2104010084.pdf

Download (2MB)

Abstraksi

Wahyudin, Dimas. 2025. Penerapan Model Pembelajaran RADEC Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS Dengan Materi Energi Listrik Di Kelas VI SDN Godog Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing: (1) Linaria Arofatul I.U.K, S.Pd.M.Pd (2) Drs. Arfian Mudayan, S.E., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran RADEC, IPAS, Energi Listrik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), khususnya pada materi Energi Listrik. Siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran karena metode yang digunakan belum mampu mendorong keterlibatan aktif dan pemahaman yang mendalam. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) yang berorientasi pada pembelajaran aktif dan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS melalui penerapan model pembelajaran RADEC pada materi Energi Listrik di kelas VI SDN Godog.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain pretest-posttest one group design. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran RADEC. Nilai rata-rata pretest berada pada kategori rendah, namun setelah pelaksanaan model RADEC, nilai rata-rata posttest meningkat menjadi kategori sangat baik. Dengan demikian, model pembelajaran RADEC efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Energi Listrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran RADEC, IPAS, Energi Listrik
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Dimas Wahyudin
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:00
Last Modified: 20 Aug 2025 03:00
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5794

Actions (login required)

View Item View Item