PENERAPAN MEDIA SPINING WHEEL FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN KOSAKATA PADA MATERI BERMAIN DAN BERGERAK KELAS 1 DI SEKOLAH DASAR

Nurhalizah, Marsyanda Aprelin (2025) PENERAPAN MEDIA SPINING WHEEL FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGENALAN KOSAKATA PADA MATERI BERMAIN DAN BERGERAK KELAS 1 DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Marsyanda Aprelin. Nurhalizah_2104010129.pdf

Download (61kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan_ Marsyanda Aprelin. Nurhalizah_2104010129.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_ Marsyanda Aprelin. Nurhalizah_2104010129.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Halaman Judul_ Marsyanda Aprelin. Nurhalizah_2104010129.pdf

Download (684kB)
[img] Text
Bab 1_ Marsyanda Aprelin. Nurhalizah_2104010129.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Bab2 _ Marsyanda Aprelin. Nurhalizah_2104010129.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
Bab 3_ Marsyanda Aprelin. Nurhalizah_2104010129.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
Bab4_ Marsyanda Aprelin. Nurhalizah_2104010129.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
Bab 5_ Marsyanda Aprelin. Nurhalizah_2104010129.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_ Marsyanda Aprelin. Nurhalizah_2104010129.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Lampiran _ Marsyanda Aprelin. Nurhalizah_2104010129.pdf

Download (6MB)

Abstraksi

Dunia pendidikan di Indonesia semakin mengalami perkembangan yang sangat pesat terutama dalam pembelajaran. Pemanfaatan media dalam pengajaran merupakan bagian yang harus mendapat perhatian dari guru sebagai fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran. guru akan mendapatkan berbagai macam kemudahan dalam mengajar apabila mampu menggunakan media pembelajaran sebagai salah satu alat bantu ketika mengajar, serta mengatasi masalah kebosanan siswa dalam proses belajar mengajar. Selain itu, media ini dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah, meningkatkan kemampuan berbicara, membaca, dan menulis, serta meningkatkan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran B.Indonesia dengan menggunakan media Spinning Wheel Flashcard. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menerapkan media spinning wheel flashcard untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh kelas I SDN 2 Sukomulyo Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu test (pretest dan posttest), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Observasi aktifitas guru pada siklus I mendapatkan rata-rata 51 % dan siklus ke II sebesar 88,30%. Dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 65,29%. (2) Observasi aktifitas siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata 51% dan siklus ke II 89%. Dari siklus I dan siklus II mengalamai peningkatan sebesar 53,98%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata 40% dan siklus II 80%. Dari siklus I dan siklus II hasil belajar siswa mengalamai peningkatan 40%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media spinning wheel flashcard dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam pengenalan kosa kata materi bermain dan bergerak kelas I SDN 2 Sukomulyo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Spinning Wheel Flashcard, Hasil belajar siswa
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Marsyanda Aprelin Nurhalizah
Date Deposited: 18 Aug 2025 15:37
Last Modified: 18 Aug 2025 15:37
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5768

Actions (login required)

View Item View Item