Haryono, Jouvita Marva Putri (2025) PENGARUH PENGETAHUAN OBAT HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT PADA PENGUNJUNG APOTEK TANJUNG RAYA, KECAMATAN SEMANDING,TUBAN. KTI thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Jouvita Marva Putri Haryono_2202050439.pdf Download (154kB) |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN _JOUVITA MARVA PUTRI HARYONO_2202050439.pdf Download (138kB) |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_JOUVITA MARVA PUTRI HARYONO_2202050439.pdf Download (176kB) |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL_JOUVITA MARVA PUTRI HARYONO_2202050439.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
BAB 1_JOUVITA MARVA PUTRI HARYONO_2202050439.pdf Download (186kB) |
|
|
Text
BAB 2_JOUVITA MARVA PUTRI HARYONO_2202050439.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
|
Text
BAB 3_JOUVITA MARVA PUTRI HARYONO_2202050439.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
|
Text
BAB 4_JOUVITA MARVA PUTRI HARYONO_2202050439.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
|
|
Text
BAB 5_JOUVITA MARVA PUTRI HARYONO_2202050439.pdf Download (155kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_JOUVITA MARVA PUTRI HARYONO_2202050439.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN_JOUVITA MARVA PUTRI HARYONO_2202050439.pdf Download (9MB) |
Abstraksi
Obat halal adalah produk obat yang memenuhi syarat kehalalan sesuai dengan syariat Islam meliputi bahan baku, proses pengolahan, penyimpanan, pengemasan, pendistribusian, penjualan dan penyajian produk. Penelitian ini didorong oleh upaya pemerintah meningkat kesadaran konsumen mengenai produk halal, terutama di industri farmasi. Memahami perilaku konsumen terkait produk halal sangat penting, terutama di negara yang mayoritas warganya muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan obat halal terhadap pilihan konsumen saat membeli obat. Desain penelitian yang digunakan adalah observasional (deskriptif), Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner tertutup. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, serta tahap pengolahan data editing, coding, tabulasi dan statistik (uji gamma). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan obat halal masuk kategori cukup (46,4%) dan keputusan pembelian obat halal masuk kategori sedang (48%). Serta, pengetahuan obat halal mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian obat dengan nilai P-value sebesar 0,025. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengetahuan obat halal masuk kategori cukup dan keputusan pembelian obat halal termasuk kategori sedang, serta terdapat pengaruh yang signifikan dari pengetahuan obat halal terhadap keputusan pembelian obat. Penelitian ini menyarankan perlunya pemberian edukasi mengenai kehalalan obat agar pemahaman tentang obat halal meningkat, sehingga masyarakat akan lebih mempertimbangkan kehalalan dalam penggunaan obat. Kata kunci : Obat halal, Pengetahuan, Keputusan pembelian
| Item Type: | Thesis (KTI) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Obat halal, Pengetahuan, Keputusan pembelian |
| Subjects: | Fakultas Ilmu Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 Farmasi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan |
| Depositing User: | Jouvita Marva Putri Haryono |
| Date Deposited: | 18 Aug 2025 15:55 |
| Last Modified: | 18 Aug 2025 15:55 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5764 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
