PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATH FRACTION APP BERBANTUAN SMART APP CREATOR (SAC) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Fatmawati, Verra Ayu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATH FRACTION APP BERBANTUAN SMART APP CREATOR (SAC) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Verra Ayu Fatmawati_2104010088.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan_Verra Ayu Fatmawati_2104010088.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_Verra ayu Fatmawati_2104010088.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Halaman Judul_Verra Ayu Fatmawati_2104010088.pdf

Download (426kB)
[img] Text
Bab 1_Verra Ayu Fatmawati_2104010088.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Bab 2_Verra Ayu Fatmawati_2104010088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)
[img] Text
Bab 3_Verra Ayu Fatmawati_2104010088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img] Text
Bab 4_Verra Ayu Fatmawati_2104010088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5_Verra Ayu Fatmawati_2104010088.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Verra Ayu Fatmawati_2104010088.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Lampiran_Verra Ayu Fatmawati_2104010088.pdf

Download (10MB)

Abstraksi

Proses pembelajaran dalam kurikulum merdeka pada kemampuan berpikir kritis menjadi hal yang esensial dikarenakan pembelajaran kurikulum merdeka lebih menekankan kemampuan proses belajar yang berpusat pada siswa. Dengan memanfaatkan media digital dalam pembelajaran siswa akan semakin termotivasi dalam belajar, sehingga mereka menjadi lebih bersemangat dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Penelitian ini dilakukan dengan uji coba menggunakan desain eksperimen dengan kelompok control yang menggunakan desain Control Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sugio Lamongan dengan sampel kelas IVA 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan IVB 20 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen dari penelitian ini dilakukan dengan uji validasi ahli, validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda serta dalam pengujian hipotesis dilakukan uji normalitas, homogenitas, uji T dan uji N-Gain Score. Hasil dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kondisi awal yakni kurangnya aktif siswa karena metode pembelajaran yang monton sehingga kemampuan berpikir kritis siswa menjadi rendah. Hal tersebut berdasarkan tahapan analisis yakni analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis karakteristik siswa. Sehingga dibutuhkan pengembangan media pembelajaran digital. Kevalidan media math fraction app dihasilkan dari uji validasi ahli dengan kategori sangat valid. Kepraktisan diperoleh dari hasil angket uji coba kecil dan uji coba besar kategori sangat baik. Kefektifan dihasilkan uji N-Gain menunjukkan 73,66%, dalam kategori tinggi adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan media math fraction app.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika, Math Fraction App, Smart App creator, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: VERRA AYU FATMAWATI
Date Deposited: 18 Aug 2025 22:34
Last Modified: 18 Aug 2025 22:34
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5731

Actions (login required)

View Item View Item