Sya'adah, Amanah Mardika Megi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS SMART APPS CREATOR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
HALAMANN PERNYATAAN ORISINALITAS_AMANAH MARDIKA MEGI SYA'ADAH_2104010105.pdf Download (458kB) |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN_AMANAH MARDIKA MEGI SYA'ADAH_2104010105.pdf Download (279kB) |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_AMANAH MARDIKA MEGI SYA'ADAH_2104010105.pdf Download (96kB) |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL_AMANAH MARDIKA MEGI SYA'ADAH_2104010105.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
BAB 1_AMANAH MARDIKA MEGI SYA'ADAH_2104010105.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
BAB 2_AMANAH MARDIKA MEGI SYA'ADAH_2104010105.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
|
Text
BAB 3_AMANAH MARDIKA MEGI SYA'ADAH_2104010105.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
|
Text
BAB 4_AMANAH MARDIKA MEGI SYA'ADAH_2104010105.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
|
Text
BAB 5_AMANAH MARDIKA MEGI SYA'ADAH_2104010105.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_AMANAH MARDIKA MEGI SYA'ADAH_2104010105.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
LAMPIRAN_AMANAH MARDIKA MEGI SYA'ADAH_2104010105.pdf Download (8MB) |
Abstraksi
Di era pembelajaran abad ke-21, penggunaan media pembelajaran digital interaktif sangat penting dalam menciptakan proses belajar yang menarik dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran digital berbasis Smart Apps Creator dalam pelajaran IPAS di Sekolah Dasar untuk meningkatkan pemahaman konsep IPAS siswa. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap diantaranya analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada tahap analisis dilakukan identifikasi kebutuhan siswa, tujuan pembelajaran, dan karakteristik siswa. Pada tahap desain, merancang media berbasis Smart Apps Creator, menyusun materi, dan menyusun lembar validasi, respon dan aktivitas siswa. Pada tahap pengembangan, media berbasis Smart Apps Creator dibuat dan divalidasi oleh ahli media, desain dan materi. Pada tahap implementasi, media tersebut di uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Pada tahap yang terakhir yaitu tahap evaluasi, media diukur melalui angket. Desain penelitian menggunakan control group pretest-posttest design dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Bedahan, dibagi kelompok kontrol dan eksperimen untuk mengukur efektivitas media sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media pembelajaran digital berbasis Smart Apps Creator sangat valid digunakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dengan skor 3.88, ahli desain dengan skor 3.93, dan ahli materi dengan skor 3.79. (2) Media pembelajaran digital berbasis Smart Apps Creator sangat praktis digunakan, yang dibutikan dengan hasil respon siswa pada uji coba kelompok kecil dengan skor 3.35 dan uji coba kelompok besar dengan skor 3.52 serta hasil aktivitas siswa dengan skor 3.45 dan 3.75 yang menunjukkan peningkatan pada kedua kelompok uji coba. (3) Media pembelajaran digital berbasis Smart Apps Creator efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPAS siswa kelas V yang dibuktikan dari hasil uji T sebesar 0,026 < 0,05 dan N-Gain Score mendapatkan skor 45.20% pada kelas eksperimen bernilai “sedang” dan 36.46% pada kelas kontrol bernilai “sedang”.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media, Pembelajaran Digital, Smart Apps Creator, Pemahaman Konsep IPAS. |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | AMANAH MARDIKA MEGI SYA'ADAH |
| Date Deposited: | 17 Sep 2025 07:49 |
| Last Modified: | 17 Sep 2025 07:49 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
