Hayat, Alvian Hanif Ahsanul (2025) ANALISIS PENCEGAHAN TINDAKAN BULLYING MELALUI IMPLEMENTASI DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISIONALITAS_ALVIAN HANIF AHSANUL HAYAT_2104010126.pdf Download (196kB) |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN_ALVIAN HANIF AHSANUL HAYAT_2104010126.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN_ALVIAN HANIF AHSANUL HAYAT_2104010126.pdf Download (230kB) |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL_ALVIAN HANIF AHSANUL HAYAT_2104010126.pdf Download (942kB) |
|
|
Text
BAB 1_ALVIAN HANIF AHSANUL HAYAT_2104010126.pdf Download (333kB) |
|
|
Text
BAB 2_ALVIAN HANIF AHSANUL HAYAT_2104010126.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
|
|
Text
BAB 3_ALVIAN HANIF AHSANUL HAYAT_2104010126.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
|
Text
BAB 4_ALVIAN HANIF AHSANUL HAYAT_2104010126.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
|
|
Text
BAB 5_ALVIAN HANIF AHSANUL HAYAT_2104010126.pdf Download (196kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_ALVIAN HANIF AHSANUL HAYAT_2104010126.pdf Download (429kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN_ALVIAN HANIF AHSANUL HAYAT_2104010126.pdf Download (4MB) |
Abstraksi
Bullying merupakan salah satu permasalahan serius yang kerap terjadi di lingkungan pendidikan dasar dan dapat memberikan dampak negatif terhadap perkembangan psikologis siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah bullying adalah melalui penerapan nilai-nilai dimensi berkebhinekaan global dalam Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pencegahan tindakan bullying melalui implementasi dimensi berkebhinekaan global di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas V, dan siswa kelas V SD Negeri 4 Made Lamongan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data model miles Huberman serta menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu tindakan bullying di SD Negeri 4 Made Lamongan yang paling sering terjadi adalah bullying dalam bentuk verbal dengan persentase 24,17%, sementara bullying fisik sebesar 9,32% dan bullying psikologis atau mental sebesar 9,81%. Bentuk bullying verbal yang sering terjadi berupa ejekan, panggilan dengan nama orang tua, serta kata-kata kasar. Implementasi dimensi berkebhinekaan global, seperti mengenal dan menghargai budaya, komunikasi antar budaya, serta refleksi terhadap keberagaman, telah diterapkan melalui kegiatan pembelajaran. Penerapan ini terbukti mampu menumbuhkan sikap saling menghargai di antara siswa dan mampu meminimalisir tindakan bullying. Implementasi dimensi berkebhinekaan global memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif, aman, dan nyaman bagi seluruh peserta didik. Upaya pencegahan tindakan bullying melalui implementasi dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar berupa (1) deteksi bentuk tindakan bullying, (2) adanya program sosialisasi seputar pencegahan tindakan bullying dengan berkolaborasi dengan pihak eksternal, (3) adanya kebijakan sekolah dengan membuat peraturan yang tegas dan layanan pengaduan terkait tindakan bullying, (4) mengenalkan budaya sekitar melalui kegiatan pentas seni dengan mengusung tema keberagaman sehingga siswa bisa saling menghargai sesama, (5) kolaborasi pembuatan poster keberagaman budaya nusantara untuk meningkatkan komunikasi dan interaksi antar siswa, dan (6) mengadakan evaluasi setiap bulan sebagai bentuk refleksi pencegahan tindakan bullying.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | BULLYING, DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL, SEKOLAH DASAR |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Alvian Hanif Ahsanul Hayat |
| Date Deposited: | 17 Sep 2025 06:49 |
| Last Modified: | 17 Sep 2025 06:49 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
