Fateha, Fanehi Margaretha Zesy (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KREATIF PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Fanehi Margaretha Zesy Fateha_2104010117.pdf Download (331kB) |
|
|
Text
Lembar Persetujuan_Fanehi Margaretha Zesy Fateha_2104010117.pdf Download (277kB) |
|
|
Text
Lembar Pengesahan_Fanehi Margaretha Zesy Fateha_2104010117.pdf Download (266kB) |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL_Fanehi Margaretha Zesy Fateha_2104010117.pdf Download (645kB) |
|
|
Text
BAB 1_Fanehi Margaretha Zesy Fateha_2104010117.pdf Download (309kB) |
|
|
Text
BAB 2_Fanehi Margaretha Zesy Fateha_2104010117.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
|
|
Text
BAB 3_Fanehi Margaretha Zesy Fateha_2104010117.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) |
|
|
Text
BAB 4_Fanehi Margaretha Zesy Fateha_2104010117.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 5_Fanehi Margaretha Zesy Fateha_2104010117.pdf Download (196kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_Fanehi Margaretha Zesy Fateha_2104010117.pdf Download (336kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN_Fanehi Margaretha Zesy Fateha_2104010117.pdf Download (9MB) |
Abstraksi
Perkembangan teknologi di era modern turut mendorong perubahan di berbagai bidang kehidupan, salah satunya dalam jenjang pendidikan dasar. E-modul merupakan perangkat pendukung dalam proses pembelajaran yang disajikan dalam bentuk elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan E-modul Berbasis Proyek untuk meningkatkan karakter kreatif siswa kelas IV pada mata pelajaran P5 di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap utama, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Desain penelitian menggunakan Control Group Pretest-Posttest dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 3 Sendangrejo Ngimbang Lamongan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar angket, dan tes karakter kreatif siswa. Hasil penelitian menjunjukkan bahwa (1) E-modul Berbasis Proyek sangat valid digunakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi yang memperoleh skor sebesar 3.66 , dan ahli desain sebesar 3.75 (2) E-modul Berbasis Proyek sangat praktis digunakan berdasarkan hasil angket siswa pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang memperoleh skor sebesar 3.55 dan 3.57. Hasil aktivitas siswa pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 3.35 dan 3.64 (3) E-modul Berbasis proyek efektif dalam meningkatkan karakter kreatif siswa kelas IV yang terbukti dari hasil uji T 0.000 < 0.05 dan N-Gain Score sebesar 64.87% mengindikasikan tingkat pencapaian sedang pada kelas eksperimen dan 24.19% yang mengindikasikan tingkat pencapaian rendah pada kelas kontrol.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | E-modul, proyek, Karakter kreatif. |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Fanehi Margaretha Zesy Fateha |
| Date Deposited: | 26 Aug 2025 06:01 |
| Last Modified: | 26 Aug 2025 06:01 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5687 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
