IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBANGUN KARAKTER BERGOTONG ROYONG DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 NGIMBANG LAMONGAN

Agustin, Dwi Nur (2025) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MEMBANGUN KARAKTER BERGOTONG ROYONG DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 NGIMBANG LAMONGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Dwi Nur Agustin_2104010116.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan_Dwi Nur Agustin_2104010116.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_Dwi Nur Agustin_2104010116.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Halaman Judul_Dwi Nur Agustin_2104010116.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB 1_Dwi Nur Agustin_2104010116.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB 2_Dwi Nur Agustin_2104010116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB 3_Dwi Nur Agustin_2104010116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB 4_Dwi Nur Agustin_2104010116.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB 5_Dwi Nur Agustin_2104010116.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Dwi Nur Agustin_2104010116.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Lampiran_Dwi Nur Agustin_2104010116.pdf

Download (5MB)

Abstraksi

Pendidikan tidak hanya berfokus pada penguasaan ilmu pengetahuan, tetapi juga memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa, salah satunya melalui implementasi nilai-nilai dalam profil pelajar pancasila. Salah satu dimensi yang penting dikembangkan adalah karakter bergotong royong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi profil pelajar pancasila dalam membangun karakter bergotong royong pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Ngimbang Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian meliputi siswa kelas V, guru kelas V, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Aspek yang dikaji dalam membentuk karakter bergotong royong meliputi kolaborasi, kepedulian, dan berbagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan kemampuan bekerja sama, peduli terhadap teman dan lingkungan, serta bersedia berbagi informasi dan alat belajar. Faktor pendukungnya antara lain keteladanan guru, kegiatan pembiasaan, serta dukungan kurikulum dan sarana prasarana. Sementara faktor penghambatnya adalah kurangnya pemahaman guru dan sikap individualistis sebagian siswa. Implementasi nilai-nilai dalam profil pelajar pancasila terbukti berperan penting dalam membangun karakter bergotong royong siswa, sehingga perlu didukung secara berkelanjutan melalui program pembiasaan, pelatihan guru, serta penguatan lingkungan belajar yang kolaboratif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Karakter Bergotong Royong
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Dwi Nur Agustin
Date Deposited: 26 Aug 2025 05:43
Last Modified: 26 Aug 2025 05:43
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5686

Actions (login required)

View Item View Item