Juhana, Berlin Zahra (2025) PENGARUH PENGGUNAAN KARTU AKROSTIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
![]() |
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas_Berlin Zahra Juhana _2104010106.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan_Berlin Zahra Juhana_2104010106.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan_Berlin Zahra Juhana_2104010106.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
Halaman Judul_Berlin Zahra Juhana_2104010106.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1_Berlin Zahra Juhana_2104010106.pdf Download (654kB) |
![]() |
Text
BAB 2_Berlin Zahra Juhana_2104010106.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 3_Berlin Zahra Juhana_2104010106.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 4_Berlin Zahra Juhana_2104010106.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5_Berlin Zahra Juhana_2104010106.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (707kB) |
![]() |
Text
Lampiran_Berlin Zahra Juhana_2104010106.pdf Download (9MB) |
Abstraksi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi pada siswa sekolah dasar, yang disebabkan oleh keterbasan kosakata, kurangnya media pembelajaran yang menarik, serta minimnya kreativitas dalam mengekspresikan ide. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu akrostik terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SD Muhammadiyah 1 Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Non Equivalent Control Group. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu VA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan kartu akrostik dan VB sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan kartu akrostik. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian menulis puisi melalui tes pretest dan posttest. Sebelum digunakan dalam penelitian, instrumen penelitian ini dilakukan validasi ahli dan empiris serta dicari reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t, namun sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (87.5) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (60.18519). Berdasarkan uji-t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu akrostik berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SD Muhammadiyah 1 Lamongan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kartu Akrostik, Keterampilan Menulis Puisi, Siswa Sekolah Dasar. |
Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
Depositing User: | Berlin Zahra Juhana |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:51 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:51 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |