PENGARUH DURASI WAKTU PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MINAT BACA SISWA DI MI MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM

Ningtias, Rahayu Kusuma (2025) PENGARUH DURASI WAKTU PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MINAT BACA SISWA DI MI MUHAMMADIYAH 16 KARANGASEM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Surat Pernyataan Orisinalitas_Rahayu Kusuma Ningtias_2104010125.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan_Rahayu Kusuma Ningtias_2104010125.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan_Rahayu Kusuma Ningtias_2104010125.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Halaman Judul_Rahayu Kusuma Ningtias.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB 1_Rahayu Kusuma Ningtias_2104010125.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB 2_Rahayu Kusuma Ningtias_2104010125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB 3_Rahayu Kusuma Ningtias_2104010125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB 4_Rahayu Kusuma Ningtias_2104010125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB 5_Rahayu Kusuma Ningtias_2104010125.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Rahayu Kusuma Ningtias_2104010125.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN_Rahayu Kusuma Ningtias_2104010125.pdf

Download (1MB)

Abstraksi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh durasi waktu penggunaan gadget terhadap minat baca siswa di MI Muhammadiyah 16 Karangasem. Latar belakang dari penelitian ini adalah meningkatnya penggunaan gadget di kalangan siswa sekolah dasar, yang dapat mengalihkan perhatian mereka dari aktivitas membaca. Sejumlah besar siswa cenderung menghabiskan lebih banyak waktu dengan gadget daripada membaca buku, yang berpotensi menyebabkan rendahnya minat baca. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 87 siswa dari kelas 4A, 4B, 5A dan 5B. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang mengukur durasi penggunaan gadget serta tingkat minat baca siswa berdasarkan indikator perasaan senang membaca, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan dalam membaca. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan analisis One Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara durasi penggunaan gadget dengan minat baca siswa. Nilai F hitung sebesar 7,373 dengan signifikansi 0,001 menunjukkan bahwa durasi penggunaan gadget berpengaruh signifikan terhadap minat baca siswa. Rata-rata minat baca siswa dengan durasi penggunaan gadget rendah adalah 73,75, durasi sedang sebesar 77,17, dan durasi tinggi sebesar 71,21. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi durasi penggunaan gadget, maka cenderung semakin rendah minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Durasi Penggunaan Gadget, Minat Baca, Gadget
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Rahayu Kusuma Ningtias
Date Deposited: 14 Aug 2025 02:47
Last Modified: 14 Aug 2025 02:47
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/5667

Actions (login required)

View Item View Item