PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SEKOLAH DASAR

SURURI, HAMAM AFIF (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN - Hamam Afif.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Halaman Judul - Hamam Afif.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB 1 - Hamam Afif.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB 2 - Hamam Afif.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB 3 - Hamam Afif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB 4 - Hamam Afif.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB 5 - Hamam Afif.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAPUS - Hamam Afif.pdf

Download (86kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed - Hamam Afif.pdf

Download (4MB)

Abstraksi

Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik pada satuan pendidikan. Kegiatan di kelas harus berdasarkan pada kurikulum yang berlaku. Namun masih banyak pendidik yang kurang inovatif dan tidak menggunakan administrasi kegiatan pembelajaran dengan benar. Banyak pula pendidik yang hanya menggunakan modul ajar dari internet tanpa memperhatikan kondisi dan kebutuhan peserta didik di kelas tersebut. Hal itu menjadi penyebab menurunnya penguasaan konsep peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D (Four-D) yang memiliki 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). desain penelitiannya yaitu control group pretest posttest yang menggunakan kelas kontrol dan eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu validasi ahli, angket respon, aktivitas siswa, dan tes kemampuan penguasaan konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji homogenitas, normalitas, uji T, dan uji N-Gain score. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VI di MI Muhammadiyah 1 Godog. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kevalidan perangkat pembelajaran berdiferensiasi dinyatakan layak dengan hasil validasi modul ajar 3.80, validasi LKPD 3.80, validasi bahan ajar 3.80, dan validasi tes penguasaan konsep 3.80 dari skor maksimal 4.00. (2) Perangkat pembelajaran berdiferensiasi dinyatakan praktis digunakan dilihat pada respon siswa uji coba terbatas dengan skor 3.16 dan uji coba lapangan dengan skor 3.50 dari skor maksimal 4.00. Hasil aktivitas siswa uji terbatas 3.70 dan uji lapangan 4.50 dari skor maksimal 5.00. (3) Keefektifan perangkat pembelajaran berdiferensiasi menyatakan adanya peningkatan penguasaan konsep yang dibuktikan dengan hasil Uji T 0.002<0.05 dan N Gain Score 76.36% mengindikasikan tingkat pencapaian tinggi pada kelas eksperimen dan 37.40% mengindikasikan tingkat pencapaian sedang pada kelas kontrol. Disimpulkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran berdiferensiasi sangat berpengaruh terhadap pembelajaran dan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Berdiferensiasi, Penguasaan Konsep
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: HAMAM AFIF SURURI
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:11
Last Modified: 16 Aug 2024 03:11
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4539

Actions (login required)

View Item View Item