NURCHOLISYAH, SEPTIAINI DWI (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL STORYTELLING MATERI KAWAN SEIRING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
![]() |
Text
SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS - Septiaini Dwi Nurcholisyah.pdf Download (846kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN - Septiaini Dwi Nurcholisyah.pdf Download (930kB) |
![]() |
Text
Halaman Judul - Septiaini Dwi Nurcholisyah.pdf Download (808kB) |
![]() |
Text
BAB I - SEPTI - Septiaini Dwi Nurcholisyah.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB II - SEPTI - Septiaini Dwi Nurcholisyah.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
BAB III - SEPTI - Septiaini Dwi Nurcholisyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
![]() |
Text
BAB 4 - SEPTI - Septiaini Dwi Nurcholisyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (998kB) |
![]() |
Text
BAB V - SEPTI - Septiaini Dwi Nurcholisyah.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA - SEPTI - Septiaini Dwi Nurcholisyah.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN - Septiaini Dwi Nurcholisyah.pdf Download (7MB) |
Abstraksi
Keterampilan berbahasa mencakup empat aspek, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dimana keempat komponen ini saling berkaitan dan dikomunikasikan secara bergantian. Namun masih banyak guru yang kurang mengikuti perkembangan zaman dan hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah. Hal ini tentu saja menyebabkan siswa menjadi bosan karena mengikuti kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian tindakan kelas ini menerapkan media digital storytelling untuk mengetahui peningkatan dalam keterampilan berbicara siswa. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III di SD Kemala Bhayangkari 5 Lamongan. Sebelum digunakan instrumen penelitian ini dilakukan validasi materi, validasi perangkat, dan validasi media. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes (pra siklus dan siklus). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas guru dalam pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran digital storytelling dalam proses pembelajaran sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. (2) Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran digital storytelling juga menambah semangat dan motivasi belajar siswa untuk meningkatkan keterampilan berbicara (3) Media pembelajaran digital storytelling efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media digital storytelling sangat berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan keterampilan berbicara di sekolah dasar. Media pembelajaran digital storytelling layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Storytelling, Keterampilan Berbicara, Media Pembelajaran |
Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
Depositing User: | Septiaini Dwi Nurcholisyah |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 03:11 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 03:11 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |