ANALISIS DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP FENOMENA BULLYING DI SEKOLAH DASAR

ROHMAN, MUHAMMAD FATKHUR (2024) ANALISIS DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP FENOMENA BULLYING DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (31kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (18kB)

Abstraksi

Bullying di Indonesia bukanlah hal yang baru, melainkan kasus yang sudah sangat familiar bahkan terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini perlu adanya trobosan baru seperti dimensi berkebhinekaan global profil Pancasila yang diterapkan dengan kolaborasi antara siswa, pihak sekolah, orang tua dan dukungan dari masyarakat dengan baik, dipastikan sekolah akan menghasilkan siswa yang yang memiliki karakter baik seperti memiliki sifat empati, mampu menghilangkan sikap stereotip/prasangka buruk, dan toleransi antar umat beragama. Adanya dimensi berkebhinekaan sangat efektif dalam mengatasi, dan meminimalisir fenomena bullying yang marak terjadi di SDN 2 Tritunggal. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis bagaimana dimensi berkebhinekaan global profil pelajar Pancasila terhadap fenomena bullying di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles, Huberman, & Saldana. Data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru dan siswa, observasi di SDN 2 Tritunggal, dan membagikan angket kepada siswa kelas IV dan V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 17 siswa (73,93%) pernah melihat tindakan bullying di sekolah ini dan beragam jenis mulai menendang, memukul, mengolok dll selain ituu pemahaman dan penerapan dimensi berkebhinekaan global di SDN 2 Tritunggal sudah cukup maksimal meskipun masih ada beberapa tantangan dalam penerapannya. Siswa cukup sering bersikap toleransi, bersikap menyelaraskan perbedaan budaya dan saling menghormati budaya. Siswa belum mengerti terkait mengelompokkan dan mengidentifikasi pengaruh stereotip/prasangka buruk terhadap individu/kelompok disekitarnya. Solusi yang diambil yakni siswa diberikan nasihat oleh guru ketika melakukan stereotip terhadap sesama siswa lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dimensi berkebhinekaan global profil pelajar Pancasila, Bullying. Sekolah Dasar
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Muhammad Fatkhur Rohman
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:20
Last Modified: 14 Aug 2024 07:20
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4530

Actions (login required)

View Item View Item