ROHMAN, MUHAMMAD FATKHUR (2024) ANALISIS DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP FENOMENA BULLYING DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
|
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (31kB) |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (154kB) |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (347kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (102kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (208kB) |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (153kB) |
|
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (12kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (18kB) |
Abstraksi
Bullying di Indonesia bukanlah hal yang baru, melainkan kasus yang sudah sangat familiar bahkan terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini perlu adanya trobosan baru seperti dimensi berkebhinekaan global profil Pancasila yang diterapkan dengan kolaborasi antara siswa, pihak sekolah, orang tua dan dukungan dari masyarakat dengan baik, dipastikan sekolah akan menghasilkan siswa yang yang memiliki karakter baik seperti memiliki sifat empati, mampu menghilangkan sikap stereotip/prasangka buruk, dan toleransi antar umat beragama. Adanya dimensi berkebhinekaan sangat efektif dalam mengatasi, dan meminimalisir fenomena bullying yang marak terjadi di SDN 2 Tritunggal. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis bagaimana dimensi berkebhinekaan global profil pelajar Pancasila terhadap fenomena bullying di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles, Huberman, & Saldana. Data diperoleh melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru dan siswa, observasi di SDN 2 Tritunggal, dan membagikan angket kepada siswa kelas IV dan V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 17 siswa (73,93%) pernah melihat tindakan bullying di sekolah ini dan beragam jenis mulai menendang, memukul, mengolok dll selain ituu pemahaman dan penerapan dimensi berkebhinekaan global di SDN 2 Tritunggal sudah cukup maksimal meskipun masih ada beberapa tantangan dalam penerapannya. Siswa cukup sering bersikap toleransi, bersikap menyelaraskan perbedaan budaya dan saling menghormati budaya. Siswa belum mengerti terkait mengelompokkan dan mengidentifikasi pengaruh stereotip/prasangka buruk terhadap individu/kelompok disekitarnya. Solusi yang diambil yakni siswa diberikan nasihat oleh guru ketika melakukan stereotip terhadap sesama siswa lain.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Dimensi berkebhinekaan global profil pelajar Pancasila, Bullying. Sekolah Dasar |
| Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
| Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
| Depositing User: | Muhammad Fatkhur Rohman |
| Date Deposited: | 14 Aug 2024 07:20 |
| Last Modified: | 14 Aug 2024 07:20 |
| URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
