Putri, Rossa Selfi Yuliana (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.
![]() |
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (816kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (408kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (745kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstraksi
Di era digital yang terus berkembang, penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi menjadi sangat penting sebagai solusi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media Pop Up Book Digital dalam pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Pada tahap analisis, dilakukan identifikasi kebutuhan dan permasalahan pembelajaran. Pada tahap desain, dirancang prototipe media Pop Up Book Digital. Pada tahap pengembangan, media tersebut dibuat dan divalidasi oleh ahli. Pada tahap implementasi, media diuji coba pada kelompok kecil dan besar. Pada tahap evaluasi, efektivitas media diukur melalui tes dan angket. Desain penelitian menggunakan control group pretest-posttest design dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 4 Made Lamongan. Dalam desain ini, siswa kelas IV SD Negeri 4 Made Lamongan dibagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimen untuk mengukur efektivitas media sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media Pop Up Book Digital sangat valid digunakan, yang dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli materi dengan skor 3.89, ahli desain dengan skor 3.95, dan ahli media dengan skor 3.96, semuanya dalam kategori sangat valid. (2) media Pop Up Book Digital sangat praktis digunakan, yang dibuktikan dengan hasil angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dengan skor masing-masing 4.65 dan 4.90, serta hasil aktivitas siswa dengan skor 3.60 dan 4.40 yang menunjukkan peningkatan pada kedua kelompok uji coba tersebut. (3) media Pop Up Book Digital efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa, yang dibuktikan dengan hasil uji t sebesar 0,003 < 0,05 dan N-Gain Score yang mendapatkan skor 75.80% dalam kategori tinggi untuk kelas eksperimen dan 61.77% dalam kategori sedang pada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pop Up Book Digital, Literasi Sains, IPAS. |
Subjects: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
Depositing User: | Rossa Selfi Yuliana Putri |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 07:35 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 07:35 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/4519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |