PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS III DI EKOLAH DASAR

Syajar Tamarani Firdaus, Syajar and Linaria Arafatul Ilmi Uswatun Khasanah, Linaria and Humairah, Humairah (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS III DI EKOLAH DASAR. PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS III DI EKOLAH DASAR. (Submitted)

[img] Text
SYAJAR TAMARANI_PENERAPAN MEDIA E-BOOK .pdf

Download (693kB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/

Abstraksi

Teknologi pendidikan saat ini juga mengalami perkembangan yang juga dijadikan sebagai penyelesaian permasalahan pendidikan yang ada. akan tetapi masih banyak pendidik yang kurang mengikuti perkembangan zaman sehingga masih menggunakan metode pembelajaran ceramah. Hal tersebut tentunya membuat siswa bosan mengikuti kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian tindakan kelas ini menerapkan media e-book untuk mengetahui peningkatan dalam membaca pemahaman. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III di SD Muhammadiyah 2 Banjarejo. Sebelum digunakan instrumen penelitian ini dilakukan validasi materi dan validasi media. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu test (pretest dan posttest), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kevalidan media e-book pembelajaran yang dinyatakan layak digunakan.(2) terjadinya peningkatan membaca pemahaman pada siswa setiap siklusnya. (3) media pembelajaran e-book efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media e-book sangat berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman di sekolah dasar. Oleh karena itu media pembelajaran e-book layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 28 Aug 2023 09:10
Last Modified: 28 Aug 2023 09:10
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3256

Actions (login required)

View Item View Item