ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA DISPLAY PAPAN BULETIN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA DI SDN 2 SUKOBENDU

Yuana, Sovia Rini (2023) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA DISPLAY PAPAN BULETIN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA DI SDN 2 SUKOBENDU. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4 (2). pp. 1-11. ISSN 2548-9119

[img] Text
1904010013_Yuana Sovia Rini Jurnal.pdf

Download (224kB)
Official URL: https://autentik.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/...

Abstraksi

Penggunaan media pembelajaran yang sudah diterapkan di tingkat sekolah dasar sudah sangat beragam, namun dilihat dari penggunaanya belum sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik yang sesungguhnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media display papan buletin pada pembelajaran tematik siswa kelas 3 di SDN 2 Sukobendu. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan kisi-kisi instrumen penelitian untuk mengumpulkan data yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, analisis data dan penafsiran data. dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Langkah pembelajaran yang sudah dilakukan oleh guru kelas 3 dalam penggunaan media display papan buletin belum sepenuhnya sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Terlihat dari observasi kedua yang dilakukan oleh peneliti, dimana guru belum maksimal dalam mempersiapkan media display papan buletin yang akan digunakan. Metode pembelajaran yang digunakan guru belum bervariatif sehingga proses penyampaian materi dengan menggunakan media display papan buletin kurang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Display, Papan Buletin, Pembelajaran Tematik
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 28 Aug 2023 09:33
Last Modified: 28 Aug 2023 09:33
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3254

Actions (login required)

View Item View Item