Analisis Pendidikan Karakter Gotong Royong Berbasis Kearifan Lokal pada Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah 1 Tejoasri

Muhammad Shulhuddin Mubarok, MSM (2023) Analisis Pendidikan Karakter Gotong Royong Berbasis Kearifan Lokal pada Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah 1 Tejoasri. Analisis Pendidikan Karakter Gotong Royong Berbasis Kearifan Lokal pada Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah 1 Tejoasri. pp. 1-64.

[img] Text
Template JIIP EDIT.docx

Download (132kB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/

Abstraksi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pendidikan karakter gotong royong yang merupakan nilai tradisional Indonesia yang diterapkan dalam kurikulum merdeka SD Muhammadiyah 1 Tejoasri. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, meliputi penggunaan observasi, wawancara, dan analisis literatur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Tejoasri memasukkan nilai-nilai kearifan lokal dan mengutamakan pengembangan karakter siswa. Melalui kegiatan gotong-royong, siswa diajarkan untuk saling membantu, bekerja sama, dan menghargai perbedaan. Kearifan lokal yang diimplementasikan mencakup nilai-nilai seperti gotong-royong, musyawarah, dan tolong-menolong. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala dalam implementasi pendidikan karakter gotong-royong, seperti kurangnya partisipasi aktif dari siswa dan kebutuhan dukungan yang lebih besar dari pihak sekolah. Oleh karena itu, disarankan agar pihak sekolah terus mengembangkan pendekatan dan strategi yang lebih efektif dalam mengintegrasikan pendidikan karakter gotong-royong berbasis kearifan lokal dalam Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah 1 Tejoasri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Gotong-Royong, Kearifan Lokal, Kurikulum Merdeka
Subjects: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan > S1 PGSD
Divisions: Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan
Depositing User: Mahasiswa S1 PGSD
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:29
Last Modified: 22 Sep 2023 07:29
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3193

Actions (login required)

View Item View Item