Retnodwipratiwi, retno (2023) Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas 1 SD Melalui Penerapan Benda Konkret Bangun Ruang. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas 1 SD Melalui Penerapan Benda Konkret Bangun Ruang, 4 (1). pp. 1-8.
Text
RETNO DWI PRATIWI _ Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas 1 SD Melalui Penerapan Benda Konkret Bangun Ruang.docx Download (123kB) |
Abstraksi
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalu penerapan benda konkret bangun ruang pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDN Porodeso kecamatan Sekaran kabupaten Lamongan dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian menggunakan Teknik observasi dan tes terhadap siswa dan memperoleh informasi tentang hasil belajar siswa yang masih kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yakni sebesar 70. Peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes terhadap siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai siswa yang semula 3 dari 5 siswa tidak tuntas dalam materi matematika bangun ruang, kini nilai siswa tuntas secara keseluruhan. Sehingga dapat dikatakan bahwa benda konkret bangun ruang tersebut dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas 1 SDN Porordeso kecamatan Sekaran kabupaten Lamongan. Implikasi benda konkret bangun ruang dalam pembelajaran kelas 1 SD adalah penggunaan media pembelajaran benda konkret sangat efektif dalam menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika bangun ruang karena siswa dapat secara langsung mengetahui bentuk bangun ruang dalam wujud yang nyata.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, Matematika, Benda Konkret |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains, Teknologi dan Pendidikan |
Depositing User: | Mahasiswa S1 PGSD |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 07:29 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 07:29 |
URI: | http://repository.umla.ac.id/id/eprint/3188 |
Actions (login required)
View Item |