PENGARUH TERAPI SENSORI-INTEGRASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN TAKTIL PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB EMPAT LIMA BABAT

Rahayu, Titin Sri (2023) PENGARUH TERAPI SENSORI-INTEGRASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN TAKTIL PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB EMPAT LIMA BABAT. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI_TITIN_SRI_RAHAYU.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/cgi/users/home?screen...

Abstraksi

ABSTRAK Rahayu, Titin Sri. 2022. Pengaruh Terapi Sensori-Integrasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Taktil Pada Anak Tunagrahita di SLB Empat Lima Babat. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhamadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Hj. Siti Sholikah, S.Kep.,Ns.M.Kes, (2) Abdul Rokhman S.Kep.,Ns.M.Kep. Perkembangan taktil pada anak tunagrahita menurun dikarenakan kurangnya stimulasi yang didapatkan anak untuk mengenal benda-benda yang memiliki tekstur berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh terapi sensori-integrasi untuk meningkatkan kemampuan taktil pada anak tunagrahita di SLB Empat Lima Babat. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan one grup pre test-post test design. Populasi sebanyak 33 siswa, menggunakan teknik total sampling dikarenakan populasi kurang dari 50 orang. Data diambil melalui wawancara dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan derajat kemaknaan p<0,05. Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberi perlakuan terdapat 17 (51,5%) siswa yang mengalami kemampuan taktil yang rendah. Setelah diberi perlakuan didapatkan hasil 25 (75,8%) siswa yang kemampuan taktilnya meningkat. Berdasarkan hasil diatas dengan nilai signifikasi p sign = 0,000 dan nilai Z= -5,028. Artinya terjadi peningkatan kemampuan taktil setelah diberikan perlakuan, sehingga ada pengaruh terapi sensori-integrasi terhadap peningkatan kemampuan taktil pada anak tunagrahita di SLB Empat Lima Babat. Untuk anak tunagrahita yang mengalami penurunan pada kemampuan taktilnya, salah satu tindakan yang dapat diberikan adalah terapi sensori integrasi untuk meningkatkan kemampuan taktil anak. Kata Kunci : Anak Tunagrahita, Kemampuan Taktil, Terapi Sensori-Integrasi

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Tunagrahita, Kemampuan Taktil, Terapi Sensori-Integrasi
Subjects: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:40
Last Modified: 11 Jan 2023 02:40
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/2516

Actions (login required)

View Item View Item