HUBUNGAN PERAN PERAWAT SEBAGAI EDUKATOR DENGAN KEPATUHAN PESERTA MENGIKUTI PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) DI PUSKESMAS SUKODADI

Tuddin, Qonita Zahro (2022) HUBUNGAN PERAN PERAWAT SEBAGAI EDUKATOR DENGAN KEPATUHAN PESERTA MENGIKUTI PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) DI PUSKESMAS SUKODADI. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI QONITA ZAHROTUDDIN_.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/cgi/users/home?screen...

Abstraksi

ABSTRAK Tuddin, Qonita Zahro. 2022. Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Kepatuhan Peserta Mengikuti Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) Di Puskesmas Sukodadi. Skripsi Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing : (1) Suratmi,S.Kep., Ns., M.Kep (2) H. M. Bakri Priyodwi A, S.Kp., M.Kep Pendahuluan: Program Pengelolahan Penyakit Kronis (PROLANIS) ini membutuhkan kepatuhan dari para peserta prolanis. Dalam mencapai tujuan dari prolanis diperlukan keaktifan dan kepatuhan dari masing-masing peserta prolanis. Kepatuhan pasien untuk mengikuti prolanis ini untuk menormalkan kondisi penyakit yang diderita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Peran Perawat Sebagai Edukator Dengan Kepatuhan Peserta Mengikuti Program Pengelolahan Penyakit Kronis (PROLANIS) Di Puskesmas Sukodadi. Metode: Desain yang digunakan pada penelitian ini analitic corelational. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling yaitu sebanyak 101 responden. Data dikumpulkan dari responden menggunakan lembar kuesioner. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruhnya 80 responden (79,2%) memiliki kategori patuh dan sebagian kecil 21 responden (20,8%) memiliki kategori tidak patuh. Untuk uji Spearman Rho diperoleh nilai diperoleh nilai signifikansi (sig.2-tailed) = 0,000. Karena nilai Asym. Sig (2-tailed) < α 0,05 menunjukan bahwa ada hubungan antara peran perawat sebagai edukator dengan kepatuhan peserta mengikuti prolanis di Puskesmas Sukodadi, artinya semakin baik peran perawat sebagi edukator makan akan semakin tinggi tingkat kepatuhan peserta mengikuti prolanis, sebaliknya semakin buruk peran perawat sebagai edukator maka semakin rendah tingkat kepatuhan mengikuti prolanis. Berdasarkan hasil tersebut diharapkan dapat mempertahankan peran perawat sebagai edukator agar kepatuhan untuk mengikuti prolanis semakin tinggi Kata kunci : Kepatuhan mengikuti prolanis, Peran perawat sebagai edukator

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan mengikuti prolanis, Peran perawat sebagai edukator
Subjects: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:25
Last Modified: 28 Dec 2022 02:25
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/2462

Actions (login required)

View Item View Item