HUBUNGAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KORBAN BULLYING DI MTS AL-MUNIROH DESA PANGKAH WETAN KECAMATAN UJUNG PANGKAH KABUPATEN GRESIK

Cahyani, Novita Dewi (2022) HUBUNGAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KORBAN BULLYING DI MTS AL-MUNIROH DESA PANGKAH WETAN KECAMATAN UJUNG PANGKAH KABUPATEN GRESIK. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI NOVITA DEWI CAHYANI_.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.umla.ac.id/cgi/users/home?screen...

Abstraksi

ABSTRAK Cahyani, Novita Dewi. 2022 Hubungan Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Di Mts Al Muniroh Desa Pangkah Wetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik, Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Moh. Saifudin, S.Kep., Ns., S.Psi., M.Kes. Pembimbing (2) Hj. Siti Sholikhah, S.Kep., Ns., M.Kes. Bullying merupakan perilaku agresif tipe proaktif yang didalamnya terdapat aspek kesengajaan untuk mendominasi, menyakiti, atau menyingkirkan, adanya ketidakseimbangan kekuatan baik secara fisik, usia, kemampuan kognitif, keterampilan, maupun status sosial, serta dilakukan secara berulang-ulang oleh satu atau beberapa anak terhadap anak lain. Dampak dari anak korban Bullying sangat berpengaruh salah satunya terhadap tingkat kepercayaan diri siswa dan mengakibatkan penurunan prestasi belajar siswa karena minat belajar korban Bullying akan menurun. Tujuan Penelitian ini untuk Mengetahui hubungan tingkat percaya diri dengan prestasi belajar siswa korban Bullying di Mts Al Muniroh Desa Pangkah Wetan Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Desain penelitian menggunakan Analitik Cross Sectiona. Besar sample 34 responden. Dengan teknik total sampling. Data diambil menggunakan lembar kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa seluruh siswa yang pernah menjadi korban bullying dengan kepercayaan diri positif sebagian besar dengan prestasi belajar yang baik 7 (20,6%) dan sebagian kecil dengan prestasi belajar yang cukup 3 (8,8%), sedangkan siswa dengan kepercayaan diri negatif seluruhnya dengan prestasi belajar cukup 24 (70,6%). Analisis data menggunakan Uji Rank Spearman dengan tingkat kemaknaan p=<0,05. Dari hasil analisis dengan Uji Rank Spearman yang menggunakan program SPSS 18.0 for windows didapatkan nilai sigmifikan P=0,01 dimana standart signifikan P=<0,05, maka H1 diterima, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Kata kunci : Tingkat Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar, Korban Bullying

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar, Korban Bullying
Subjects: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Irwan Sulistyawan
Date Deposited: 14 Dec 2022 01:28
Last Modified: 14 Dec 2022 01:28
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/2406

Actions (login required)

View Item View Item