PENGARUH EDUKASI AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IBU PADA PERTOLONGAN PERTAMA CEDERA ANAK PRASEKOLAH DI DESA SIMOREJO KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO

WINDA FRANSISKA, FEBRIANA (2021) PENGARUH EDUKASI AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IBU PADA PERTOLONGAN PERTAMA CEDERA ANAK PRASEKOLAH DI DESA SIMOREJO KECAMATAN KANOR KABUPATEN BOJONEGORO. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI_Winda Fransiska Febriana_1702012432.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Febriana, Winda Fransiska. 2021. Pengaruh Edukasi Audio Visual Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Ibu Pada Pertolongan Pertama Cedera Anak Prasekolah di Desa Simorejo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Nur Hidayati, S.Kep., Ns., M.Kep (2) Abdul Rokhman, S.Kep,. Ns., M.Kep Cedera banyak terjadi pada anak-anak. Pertolongan pertama yang tidak sesuai dengan prosedur mengakibatkan keparahan. Kejadian cedera pada anak usia 4-6 tahun dapat diperkecil dengan melakukan tindakan pertolongan pertama yang benar dan sesuai standar pada ibu. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh edukasi audio visual terhadap pengetahuan dan keterampilan ibu pada pertolongan pertama cedera di Desa Simorejo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro. Desain penelitian menggunakan pre eksperimental one group pre-post test pada 38 ibu yang diambil secara cluster random sampling. Penelitian ini dilakukan di Desa Simorejo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro pada April 2021. Intervensi yang diberikan berupa edukasi audio visual dan praktik secara offline tentang pertolongan pertama cedera. Data penelitian diambil melalui kuesioner dan lembar observasi, kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan ibu tentang pertolongan pertama cedera sebelum dan sesudah perlakuan (p=0,001) dan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan ibu tentang pertolongan pertama cedera sebelum dan sesudah perlakuan (p=0,001). Metode audio visual yang dikombinasikan dengan metode praktik terbukti lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan satu metode saja. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian lebih lanjut dengan desain yang lebih tinggi, sampel yang lebih besar dan kelompok kontrol. Kata kunci : Edukasi Audio Visual, Pengetahuan, Keterampilan, Pertolongan Pertama, Cedera.

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Edukasi Audio Visual, Pengetahuan, Keterampilan, Pertolongan Pertama, Cedera
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 16 Oct 2021 07:07
Last Modified: 16 Oct 2021 07:07
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1656

Actions (login required)

View Item View Item