PENGARUH TERAPI MINDFULNESS TERHADAP TINGKAT ANSIETAS SISWA KELAS 12 DALAM MENGHADAPI UJIAN EVALUASI HASIL BELAJAR BERBASIS KOMPUTER DAN SMARTPHONE DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BABAT

PUTRI, DWI ANJANI (2021) PENGARUH TERAPI MINDFULNESS TERHADAP TINGKAT ANSIETAS SISWA KELAS 12 DALAM MENGHADAPI UJIAN EVALUASI HASIL BELAJAR BERBASIS KOMPUTER DAN SMARTPHONE DI SMA MUHAMMADIYAH 1 BABAT. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI DWI ANJANI (1702012472).pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Anjani, Putri Dwi. 2021. Pengaruh Terapi Mindfulness Terhadap Tingkat Ansietas Siswa Kelas 12 Dalam Menghadapi Ujian Evaluasi Hasil Berbasis Komputer Dan Smartphone Di SMA Muhammadiyah 1 Babat. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhamadiyah 1 Lamongan. Pembimbing (1) Moh. Saifudin, S.Kep., Ns., S.Psi., M.Kes., (2) Hj. Siti Sholikah S.Kep., Ns., M.Kes. Latar Belakang : Kecemasan merupakan kekhawatiran yang tidak jelas dan menyebar, yang berkaitan dengan perasaan yang tidak pasti. Anak usia SMA berada pada tahap perkembangan remaja. Dalam tahap perkembangan tersebut remaja lebih rentan mengalami kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh terapi mindfulness terhadap tingkat ansietas siswa kelas 12 dalam menghadapi ujian evaluasi hasil belajar berbasis komputer dan smartphone di SMA Muhammadiyah 1 Babat. Metode : Desain penelitian ini menggunakan metode pra eksperimen dengan desain One Group Pretest-posttest. Populasi sebanyak 147 siswa, menggunakan teknik Simple Random Sampling dan didapatkan sampel sebanyak 105 siswa. Data penelitian ini diambil menggunakan kuesioner DASS (Depression Anxiety Stres Scale). Hasil dan Analisis : Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat kemaknaan p= <0,05. Hasil penelitian dari 105 siswa menunjukkan nilai rata-rata pre test 3.03 menjadi 1.66 pada post test. Berdasarkan hasil diatas dengan nilai p = 0.000 dan nilai Z= -9.270. Artinya terjadi penurunan kecemasan setelah diberikan perlakuan, sehingga ada pengaruh terapi mindfulness terhadap tingkat ansietas siswa kelas 12 dalam menghadapi ujian evaluasi hasil belajar berbasis komputer dan smartphone di SMA Muhammadiyah 1 Babat. Kesimpulan : Terapi mindfulness dapat membantu siswa dalam mengontrol kecemasan dengan cara berelaksasi dan melepaskan hal-hal negative yang dapat menyebabkan kecemasan. Kata Kunci : Terapi mindfulness, ansietas

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terapi mindfulness, ansietas
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:52
Last Modified: 12 Oct 2021 06:52
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item View Item