PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP TERHADAP TINGKAT KESIAPAN ANAK DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SD ISLAM AL-HUDA DESA SEDAYULAWAS KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN

MELLA SAVIRA, FEBRIANTI (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP TERHADAP TINGKAT KESIAPAN ANAK DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SD ISLAM AL-HUDA DESA SEDAYULAWAS KECAMATAN BRONDONG KABUPATEN LAMONGAN. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
Skripsi_Mella Savira Febrianti.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Febrianti, Mella Savira. 2020. Pengaruh Metode Pembelajaran Buzz group Terhadap Tingkat Kesiapan Anak Dalam Menghadapi Menarche Di SD Islam Al-Huda Sedayulawas Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1) Diah Eko Martini, S.Kep., Ns.,M.Kep dan Pembimbing (2) Lilis Maghfuroh, S.Kep., Ns., M.Kes. Menarche adalah menstruasi pertama yang terjadi dalam rentang usia 10-16 tahun yang tidak diikuti dengan kesiapan dalam menghadapinya. Ketidaksiapan menarche dapat mengakibatkan anak menjadi cemas, takut dan deg-degan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran buzz group terhadap tingkat kesiapan anak dalam menghadapi menarche Di SD Islam Al-Huda Sedayulawas Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Desain penelitian yang digunakan adalah pra-eksperiment design dengan pendekatan one group pra test and post test design. Pengambilan sampel menggunakan randon sampling dengan populasi penelitiannya seluruh siswi kelas V dan VI SD Islam Al-Huda Sedayulawas yang belum mengalami menarche dan sampel yang digunakan adalah 50 responden. Data diambil melalui lembar kuesioner menggunakan skala Likert. Analisa data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukan metode pembelajaran buzz group dari 50 anak hampir seluruhnya (78%) tidak siap menghadapi menarche. Setelah dilakukan metode pembelajaran buzz group sebagian besar (72%) siap dalam menghadapi menarche. Adapun nilai signifikasinya p sign = 0,000 dan nilai Z= -5,000 sehingga H0 ditolak artinya ada pengaruh metode pembelajaran buzz group terhadap tingkat kesiapan anak dalam menghadapi menarche di SD Islam Al-Huda Sedayulawas. Untuk meningkatkan kesiapan anak dalam menghadapi menarche, salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan metode pembelajaran buzz group. Kata kunci: Buzz group, Tingkat Kesiapan, Menarche

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buzz group, Tingkat Kesiapan, Menarche
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 06 Oct 2021 03:53
Last Modified: 06 Oct 2021 03:53
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item