PENGARUH TERAPI KOGNITIF TERHADAP HARGA DIRI REMAJA KORBAN BULLYING DI SMK MUHAMMADIYAH 7 KEDUNGPRING

LEILI UMMAH, SAFITRI (2021) PENGARUH TERAPI KOGNITIF TERHADAP HARGA DIRI REMAJA KORBAN BULLYING DI SMK MUHAMMADIYAH 7 KEDUNGPRING. skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Lamongan.

[img] Text
LEILI UMMAH SAFITRI_Hj. Siti Sholikhah, S.Kep., Ns., M.Kes_Abdul Rokhman, S.Kep., Ns., M.Kep (Fiks).pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.repository.umla.ac.id/

Abstraksi

ABSTRAK Safitri,Leili Ummah. 2021. Pengaruh Terapi Kognitif Terhadap Harga Diri Remaja Korban bullying di SMK Muhammadiyah 7 Kedungpring. Skripsi Program Studi S1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Pembimbing (1)Hj. Siti Sholikhah, S. Kep., Ns., M. Kes. dan Pembimbing (2) Abdul Rokhman, S.Kep., Ns., M.Kep. Harga diri rendah merupakan kondisi dimana seseorang kehilangan kepercayaan dirinya, selalu berpikir buruk tentang dirinya sendiri dan memandang segala sesuatu dengan negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi kognitif terhadap harga diri remaja korban bullying di SMK Muhammadiyah 7 Kedungpring. Desain penelitian ini menggunakan pra eksperimental (one group pretest-posttest design), metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi penelitian ini sebanyak 218 remaja. Sampel yang diambil sebanyak 32 responden yaitu remaja yang mengalami harga diri rendah karena menjadi korban bullying di SMK Muhammadiyah 7 Kedungpring pada bulan Maret 2021. Data penelitian ini diambil menggunakan kuisioner tertutup. Setelah ditabulasi data yang ada dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil uji statistik menggunakan uji wilcoxon dengan diperoleh hasil Z -2.998 dengan nilai signifikan p 0.03 (p<0.05). Hasil peneltian saat pre-test menunjukkan bahwa lebih dari sebagian besar remaja korban bullying mengalami harga diri rendah yaitu sebanyak 19 remaja (59,4%) dan saat post-test menunjukkan bahwa lebih dari sebagian remaja korban bullying mengalami harga diri sedang yaitu sebanyak 17 remaja (53,1%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi kognitif dengan harga diri pada remaja korban bullying di SMK Muhammadiyah 7 Kedungpring. Melihat hasil penelitian ini terapi kognitif bisa menjadi referensi untuk meningkatkan harga diri rendah akibat menjadi korban bullying. Kata kunci : terapi kognitif, bullying

Item Type: Thesis (skripsi)
Uncontrolled Keywords: terapi kognitif, bullying
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Admin
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:07
Last Modified: 05 Oct 2021 04:07
URI: http://repository.umla.ac.id/id/eprint/1592

Actions (login required)

View Item View Item